oleh

Membaca Gestur Tubuh Paslon Saat Debat, Ini Penilaian Ketua Bappilu Demokrat Makassar

Appi Berkepribadian, Danny Agresif, None Tak Tenang, Ical Santai

JAKARTA, koranmakassarnews.com — Empat pasang calon dalam debat kandidat Walikota Makassar yang pertama di Jakarta, tak hanya sekedar menilai program calon. Soal kepribadian kandidat juga bisa terbaca melalui gestur dan pilihan kata-kata dalam menyampaikan gagasan.

Zulkifli Thahir memuji kepribadian Munafri Arifuddin dan Abd. Rahman Bando sebagai calon pemimpin yang memiliki karakter dan beradab. Dirinya menilai para calon walikota Makassar saat debat kandidat, hanya Munafri Arifuddin yang memiliki aura kepemimpinan.

“Body language pak Appi mencerminkan sebagai seorang yang berkepribadian  tidak sombong dan tidak sok pintar serta punya pendirian terlihat tegas,” ucap Abang Chuleq sapaan akrabnya kepada awak media saat ditemui di Hotel Grand Kemang, Jakarta, Minggu (8/11/2020), pagi tadi usai mengikuti kongres organisasi sayap Partai Demokrat, IMDI (Insan Muda Demokrat Indonesia).

Ketua DPD IMDI Sulsel ini juga mengakui, dirinya hanya fokus mencermati gestur para kandidat saat debat, di studio Kompas TV, Sabtu malam (7/11/2020).

“Saat bicara, badannya tetap tegap, paham ucapannya, mudah dicerna, dan terukur beliau tidak memakai istilah yang rumit, tapi argumentasinya cukup kuat,” tambah Abang Chuleq.

Lanjutnya dari sisi kepribadian, Appi paling menonjol dan Appi sudah berada di puncak piramida dalam teori Maslow.

“Kelihatan bahwa Appi mau menjadi pemimpin karena dorongan self actualisation. Sedangkan yang lain baru berada di dasar teori Maslow, yakni basic need dan safety need,” jelas bapak tiga anak ini yang juga Ketua OKK MPW Pemuda Pancasila Sulsel.