oleh

Menandai Dimulainya Operasi Ketupat 2024, Polres Enrekang Laksanakan Apel Gelar Pasukan

ENREKANG, koranmakassarnews.com — Dalam persiapan mengamankan perjalanan arus mudik dan balik selama momentum hari raya Idul Fitri, Polres Enrekang bersama seluruh stakeholder terkait melaksanakan operasi kemanusiaan terpusat dengan sandi Ketupat-2024, Rabu (03/04/24).

Apel gelar pasukan dihaditri oleh PJ. Bupati Enrekang Dr. H. Baba, SE, MM, Dandim 1419/Enrekang Letkol Ind. Augustiar Adinegoro, S. Hub, Int, Kepala Kejaksaan Negeri Enrekang Padeli, SH, M.Hum, Kepala Kantor Kementrian Agama, Kadis Perhubungan, Kadis Kesehatan, Kepala Satpol PP, Damkar dan Penyelamatan serta PJU Polres Enrekang.

Kapolres Enrekang AKBP Dedi Surya Dharma, SH, S.IK, MM selaku pimpinan apel membacakan amanat dari Bapak Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si, yang menyampaikan pentingnya sinergi antara TNI-Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka pengamanan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1445 H.

“Apel gelar pasukan ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2024 sebagai komitmen nyata sinergitas TNI-Polri denagn stakeholder terkait dalam rangka pengamanan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1445 H,” Terangnya.

baca juga : Kapolres Enrekang Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Keselamatan Pallawa 2024

Survei Indikator menunjukkan bahwa kepuasan masyarakat atas penyelenggaraan dan penanganan arus mudik tahun 2023 meningkat menjadi 89,5%, naik 15,7% dibanding tahun sebelumnya. Hal ini mencerminkan apresiasi masyarakat atas upaya bersama dalam pengamanan arus mudik yang harus dipertahankan dan ditingkatkan.

Operasi ini melibatkan 5.784 pos, termasuk pos pengamanan, pos pelayanan, dan pos terpadu, yang tersebar di jalur-jalur rawan seperti kemacetan, kecelakaan, kriminalitas, dan bencana alam, serta di pusat-pusat keramaian. Pelayanan prima dan pengamanan optimal diharapkan dapat diberikan melalui pos-pos tersebut.

Selain mengamankan lalu lintas dan kamtibmas, stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok serta BBM juga harus terjaga. Koordinasi antar-stakeholder harus ditingkatkan untuk menjaga stok dan harga tetap stabil.
Komunikasi publik yang efektif juga menjadi fokus, dengan menyediakan informasi yang diperlukan melalui berbagai saluran komunikasi agar masyarakat dapat merencanakan perjalanan mereka dengan nyaman.

baca juga : Freestyle Motor Di Jalan Raya, Polres Enrekang Beri Tindakan Tegas

Semua upaya tersebut diharapkan dapat menghasilkan “mudik aman, ceria, penuh makna”, serta mempererat silaturahmi, persatuan, dan kesatuan seluruh lapisan masyarakat selama momentum hari raya Idul Fitri.

Kepada seluruh personel pengamanan dan stakeholder terkait, Kepolisian Negara Republik Indonesia mengucapkan terima kasih atas partisipasinya dalam mendukung Operasi Ketupat 2024. Sinergi antar-stakeholder terkait diharapkan menjadi kunci keberhasilan pengamanan Hari Raya Idul Fitri tahun ini.

Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia juga mengucapkan “Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan dan Selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 H” kepada seluruh umat Islam yang merayakan. Semoga kita mampu mendapatkan ampunan dan menyambut hari kemenangan dengan hati yang suci.

Kapolres Enrekang menambahkan, untuk Polres Enrekang melibatkan 2 Pos yakni Pos Pelayanan yang terletak di Pos lalu Lintas Polres Enrekang serta Pos Pengamanan yang terletak di Kecamatan Alla.(*)