oleh

Kapolres Enrekang Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Keselamatan Pallawa 2024

ENREKANG, koranmakassarnews.com — Polres Enrekang melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Pallawa bertempat di lapangan apel Polres Enrekang, Sabtu (02/3/24).

Apel gelar pasukan operasi keselamatan pallawa di hadiri oleh Kepala Kejaksaan Negeri Enrekang, Pasi Ops Kodim 1419/Enrekang mewakili Dandim, Wakil ketua II DPRD Kabupaten Enrekang, Sekretaris Dinas Kesehatan, Para PJU Polres Enrekang, serta Instansi terkat lainnya, Kegiatan tersebut juga di ikuti oleh komunitas mobil, komunitas Yamaha Nmax, mahasiswa serta pelajar.

Polres serta jajaran akan melaksanakan Operasi keselamatan Pallawa dan pencanangan aksi keselamatan jalan selama 14 hari terhitung mulai tanggal 4 Maret sampai dengan 17 Maret 2024.

Dalam amanatnya, Kapolres Enrekang AKBP Dedi Surya Dharma, SH, S.IK, MM mengatakan apel gelar pasukan ini dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana pendukung lainnya, sehingga kegiatan operasi dapat berjalan dengan optimal dn dapat berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah di tetapkan dengan mengedepankan fungsi lalu lintas.

Kapolres Enrekang

Lanjutnya, Operasi Keselamatan mengedepankan kegiatan preemtif, preventif disertai gakkum dengan etle statis, mobile on board dan etle hand held serta tindakan teguran simpatik.

Tujuannya untuk menurunkan angka pelanggaran lalu lintas, laka lantas beserta korban fatalitas, meningkatknya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas serta terwujudnya situasi kamseltibcarlantas yang aman, nyaman dan selamat.

baca juga : Satres Narkoba Polres Enrekang Kembali Amankan Pelaku Penyalahgunaan Narkotika Jenis Shabu

Adapun prioritas pelanggaran yakni :
1. Kendaraan bermotor roda 2 dan roda 4 yang menggunakan knalpot tidak sesuai pabrikan
2. Kendaraan bermotor yang tidak sesuai standar pabrikan, menambah panjang rangka atau merubah spektek dan kendaraan barang yang over dimensi dan over loading
3. Kendaraan bermotor probadi yang menggunakan sirine, rotator dan atau strobo bukan pada peruntukannya
4. TNKB kendaraan bermotor yang tidak sesuai dengan aturan atau spektek
5. Pengemudi atau pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm SNI.

Kapolres berharap operasi keselamatn pallawa 2024 dan pencanangan aksi keselamatn jalan dapat memberikan dampak positif terhadap terciptanya situasi kemseltibcarlantas yang kondusif, aman, nyaman dan selamat yang dapat dirasakan langsung mafaatnya oleh masyarakat menjelang perayaan hari raya Idul fitri 1445 H.(*)