oleh

Operasi Patuh Pallawa, Satlantas Polres Palopo Lakukan Sweeping Terbalik

PALOPO, koranmakassarnews.com — Pemandangan sedikit agak berbeda dengan kegiatan operasi patuh pallawa 2023 kepolisian khusus Lalu lintas, jika umumnya pelaksanaan sweeping atau penertiban pengendara lalu lintas mencari pengendara yang tidak lengkap di depan Mako Polres Palopo.

Sempat membuat kaget para pengendara yang melintas, karena personil Polres Palopo baik lalu lintas maupun personil lain yang dipimpin langsung Kapolres Palopo AKBP. Safii Nafsiki,.SH, SiK,. MH yang di dampingi Kasat Lantas AKP. Rusdi Yunus, S.H dan beberapa Perwira Polres Palopo termasuk Iptu. Kamaluddin, S.H selaku penggagas Konsep Sweeping terbalik tersebut.

“Kami justru mencari dan memeriksa serta menyetop pengendara yang lengkap surat-surat mulai dari SIM, STNK pajak berlaku, TNKB sesuai standar menggunakan Helm SNI serta mengenakan Sheftibel bagi pengendara Roda empat.” ucap Iptu. Kamaluddin, S.H Kanit Regident Satlantas Polres Palopo kepada awak media, senin (17/7/23).

Jadi yang lengkap diganjar hadiah dari Polres Palopo dengan hadiah paket sembako sebagai bentuk apresiasi kepada pengendara yang patuh dalam artian tertib dan lengkap dalam berkendara.

baca juga : Kapolres Palopo Raih Juara 2 Lomba Menembak Presisi Polda Sulsel

Terlihat puluhan pengendara bingung dan kaget bahkan beberapa awalnya sempat kaget dengan Pola konsep sweeping Polres Palopo, namun setelah dijelaskan bahwa untuk ini hari kami cari pengendara yang patuh lengkap seluruh surat surat kendaraannya serta kendaraannya sesuai standar dari dealer.

“Kami berikan reward dengan memberikan hadiah berupa paket sembako sebagai bentuk ungkapan terima kasih kami jajaran lalu lintas Polres Palopo pada umumnya kepada masyarakat yang sudah patuh dalam berkendara”, sambung Kasat Lantas Polres Palopo AKP. Rusdi Yunus, S.H.

“Saya kaget dan heran, kok saya di tahan sedangkan sudah diperiksa tadi saya lengkap, eh ternyata kami di berikan hadiah karena lengkap” ungkap Steven salah seorang pengendara yang terjaring di antara puluhan pengendara yang mendapat reward dari Polres Palopo.

baca juga : Kapolres Palopo Berbagi Rasa Syukur Dengan Makan Bareng Anak Yatim

Sementara itu Iptu. Kamaluddin yang menggagas konsep sweeping terbalik itu mengatakan, sebenarnya pola ini dan diberi nama sweeping terbalik sudah sejak tahun lalu dan rutin dilaksanakan yang diramu dengan memberikan hadiah seperti sembako, kupon belanja, souvenir dan berbagai bentuk hadiah menarik.

“Tujuan dan harapan kami adalah minimal bisa merubah mindset masyarakat kalau polisi itu tidak ada hanya cari yang salah atau yang tidak lengkap tetapi kami juga apresiasi warga atau pengendara yang patuh serta taat berlalu lintas di jalan”, ungkap Iptu Kamaluddin.

Sungguh suatu inovasi yang luar biasa dan sudah 3 kali perpanjang SIM, baru kali ini kami dapati sweeping yang begini, ungkap Samsuddin pengendara mobil yang juga ikut di stop oleh Polisi Polres Palopo. (**/WISNU)