oleh

Optimalisasi Program DPPPA, Lurah Maccini Sombala MoU Dengan LSKP dan Unhas

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — Kelurahan Maccini Sombala melakukan Memorandum of Understanding (MoU) atau kesepakatan bersama dengan Lembaga Studi Kebijakan Publik dan Universitas Hasanuddin di Recover Center, rabu (12/1/22).

MoU tersebut difokuskan pada shelter warga yang ada di kelurahan Maccini Sombala, diketahui bahwa shelter warga adalah salah satu program dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) yang bermaksud menyelesaikan permasalahan dini warga masyarakat dengan melakukan perlindungan dan pemberdayaan warga terkhusus permasalahan rumah tangga dan permasalahan perempuan dan anak.

“Jadi masalah masalah RT ditangani terlebih dahulu melalui program shelter warga yang selama ini merupakan mitra dari pemerintah khususnya Babinkamtibmas”, kata Lurah Maccini Sombala.

Pada kesempatan yang sama Saddam Musma, S.STP., M.Si juga menekankan bahwa Recover Center yang ada diwilayahnya juga dapat dijadikan sebagai fokus center kegiatan shelter warga dalam memediasi maupun penyelesaian permasalahan yang ada ditengah masyarakat khususnya pendampingan kepada anak dan ibu yang ada di wilayah kerja kelurahan Maccini Sombala.

“Seiring berjalannya pemerintahan dalam mewujudkan esensi pelayanan kepada masyarakat secara langsung, banyak problem yang muncul di tengah masyarakat khususnya yang menjerat perempuan, ibu rumah tangga dan anak”, tambah Saddam.

Karena dipersepsikan bahwa perempuan dan anak anaklah yang biasanya menjadi korban dari tindak kekerasan
rumah tangga, sehingga di munculkan wadah dimana menjadi pelayanan, pengaduan serta penyelesaian ,masalah secara dini di tiap tiap lingkungan dengan shelter warga.

baca juga : Usulan Pembenahan Infrastruktur di Musrenbang Kelurahan Maccini Sombala

“Setelah MoU ini selanjutnya akan diadakan penelitian atau analisis peran shelter warga di kelurahan Maccini Sombala dengan melibatkan seluruh unsur baik Ketua RT, Ketua RW serta tokoh mastarakat yang ada dengan memfokuskan pada aspek kesehatan, keamanan dan kondisi kebersihan di wilayah kelurahan Maccini Sombala”, ujar Saddam.

Dari 153 kelurahan di kota Makassar hanya kelurahan Maccini Sombala kecamatan Tamalate yang layak, serta mendukung didalam optimalisasi shelter warga.

“Dengan adanya kontainer Recover Center yang beralamat di Jalan Manunggal 22 RW 6 ini dapat dijadikan sebagai pusat kegiatan atau sekretariat pengumpulan data dan aktivitas shelter warga kelurahan Maccini Sombala, selain itu Recover Center dapat dimaksimalkan peruntukannya sebagai sarana dan wadah kegiatan berbasis kemasyarakatan”, tutup Saddam. (*)