oleh

Peringati HPSN, Pemkot Makassar Ajak Masyarakat Berbudaya dalam Membuang Sampah

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — Pemerintah Kota Makassar dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2021, Kamis (25/2/2021).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Penjabat Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin dengan mengangkat tema “Sampah Bahan Baku Ekonomi di Masa Pandemi”.

Rudy menyampaikan permasalahan sampah di kota Makassar ini sebenarnya mudah namun kendalanya tidak adanya kesadaran dari diri sendiri.

“Permasalahan sampah bisa menjadi masalah besar buat kita jika tidak adanya kesadaran dari diri sendiri,” ucapnya.

Menurutnya, HPSN ini dijadikan momentum kembali untuk mengintropeksi diri, khususnya langkah-langkah kebijakan yang telah diambil.

“Ada tiga tahap yang harus dilakukan, memperbaiki regulasi, lalu mengedukasi dan terakhir menjadikan buang sampah pada tempatnya sebagai budaya,” jelasnya.

baca juga : PLN Putus Aliran Listrik Satpol PP dan UPTD Disdag, Ini Kata Pemkot Makassar

Sementara, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Mario Said menegaskan untuk memperkuat komitmen dan peran aktif pemerintah daerah dalam melaksanakan pengelolaan sampah dengan menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi.

“Sesuai tema kita dan sesuai instruksi Dirjen Pengelolaan Sampah Limbah dan B3 (PSLB3) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) kita harus memanfaatkan partisipasi publik dalam upaya menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi melalui gerakan memilah sampah,” sebutnya.

Kemudian tujuan ketiga, memperkuat komitmen dan peran aktif produsen dan pelaku usaha lainnya dalam implementasi bisnis hijau (green business) dengan menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi.

Ia pun berharap dengan peringatan HPSN 2021 bisa meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tetap memperhatikan lingkungannya dan selalu membuang sampah pada tempatnya. (*).