oleh

Ragam Cara Kelurahan di Makassar Mengedukasi Warga tentang Penerapan Protokol Covid-19

koranmakassarnews.com — Pemerintah kota Makassar terus bergerak menghambat penyebaran Covid 19 dengan tiga upaya pengendalian yaitu penelusuran kontak secara masif, melakukan tes secara intensif, dan aktif mengedukasi masyarakat,

Dari pantauan koranmakassarnews.com, di sejumlah wilayah kelurahan di kota Makassar, upaya pengendalian dan percepatan penanganan virus corona dilakukan dengan caranya masing masing,

Kelurahan Masale kecamatan Panakkukang giat melakukan sosialisasi dengan cara memasang poster di titik titik keramaian di wilayahnya seperti Warkop, Rumah Makan, Rumah Kost, Tempat Usaha dan Rumah Ibadah serta lorong lorong pemukiman padat warga.

“Kami memberikan pemahaman sekaligus edukasi kepada masyarakat, salah satunya dengan cara menyebar poster yang intinya mengajak warga agar senantiasa menjaga diri dan keluarga dari virus corona dengan cara cuci tangan, pakai masker dan jaga jarak.” ucap Lurah Masale St Ariani, Selasa (7/7/2020) kemarin.

Sementara, di Kelurahan Lariang Bangi kecamatan Makassar menjadwalkan kegiatan sosialisasi bersama tenaga kesehatan puskesmas dan kader PKK didampingi babhinkamtibmas dan bhabinsa, berkeliling menggunakan megaphone mengimbau masyarakat tentang pentingnya menerapkan protokol kesehatan yakni Cuci tangan, pakai masker dan jaga jarak.

“Pokoknya tiga cara ini paling efektif untuk menghentikan penyebaran covid 19, Cuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer, pakai masker dan jaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter.” terang Lurah Lariangbangi Ahmad Rijal.

baca juga : Edukasi Lewat Poster, Lurah Masale Lakukan Pendekatan Persuasif Tangani Covid-19

Dalam kegiatan sosialisasi ini pihak kelurahan membagikan masker kepada masyarakat yang tidak menggunakan masker.

“Kita juga membagikan masker kepada masyarakat dan pengguna jalan yang kedapatan tidak menggunakan masker, tapi setelah diberikan pemahaman terkait protokol kesehatan.” ujarnya.

Berbeda hal, di kelurahan Pattunuang kecamatan Wajo, selain rutin melakukan disinfeksi di wilayah pemukiman warga, pihak pemerintah kelurahan Pattunuang juga kerap melibatkan warga dalam setiap kegiatan sosialisasi dan edukasi tentang protokol kesehatan Covid19.

“Selain papan bicara kita juga rutin melakukan penyemprotan di wilayah secara bergilir, mengimbau masyarakat terkhusus di tempat tempat usaha agar senantiasa menyiapkan alat cuci tangan, masker dan tak kalah pentingnya menjaga jarak.” jelas Lurah Pattunuang Ilham Idris. (*)