oleh

Satlantas Polres Sidrap Berlakukan Sikuit Uji Praktik SIM C

SIDRAP, koranmakassarnews.com — Satlantas Polres Sidrap resmi menerapkan materi ujian praktik Surat Izin Mengemudi (SIM) C dengan menggunakan lintasan terbaru dengan model menyerupai Huruf S. Kamis (10/08/2023).

Kapolres Sidrap AKBP Erwin Syah,S.I.K melalui Kasat lantas Polres Sidrap AKP Haryanto,S.Sos mengatakan, perubahan sirkuit Uji Praktek SIM C sesuai dengan Keputusan Kakorlantas Polri dengan Nomor: Kep/105/VIlI/2023 tanggal 4 Agustus 2023.

“Kami sudah memberlakukan Sirkuit Uji Praktek SIM C dengan model huruf S sesuai yang telah di intruksikan oleh Korlantas Polri untuk memudahkan pemohon SIM C”, Ujarnya.

Pada kurikulum terbaru, lanjut Haryanto, lintasan berbentuk angka 8 dan zig-zag dihilangkan dan diganti dengan lintasan baru berbentuk huruf S yang ditempatkan di area berukuran 30 x 35 meter.

“Selain bentuk lintasan, ukuran lintasan juga diperlebar dan diperluas menjadi 2,5 kali lebar kendaraan, dari sebelumnya yang hanya 1,5 kali lebar kendaraan”, Jelasnya.

Dijelaskan, ada 5 rintangan yang bakal menjadi poin penilaian dalam ujian terbaru ini, yakni awal berjalan, berhenti dekat kotak kuning, putar balik, lintasan S dan menghindari halangan akhir.

“Dengan pemberlakuan Uji Praktik SIM C terbaru ini, masyarakat diharapkan mampu mengikuti ujian praktik tanpa khawatir kesulitan. Sehingga tidak ada lagi masyarakat yang disulitkan dalam ujian tersebu marena praktiknya sudah disederhanakan,” jelasnya.

baca juga : Jelang Pemilu 2024, Sat Intelkam Polres Sidrap Gelar Pelatihan dan Bimtek

Sementara itu, Pemohon SIM bernama Alifiah Sudirman seorang mahasiswi yang mengikuti Uji Praktik SIM dengan Lintasan terbaru manuver huruf S mengaku bahwa jalurnya lebih mudah dan dapat dilalui tanpa adanya kendala.

“Terima kasih kepada petugas Satpas SIM Polres Sidrap atas pelayanannya yang cepat dan Alhamdulillah Lintasan Uji praktik SIM C yang baru bisa di lalui dengan mudah dari lintasan yang sebelumnya (Lama)”, Ucapnya. (**/Wisnu)