oleh

Sorotan LSM Perak di SDN Tallo Tua 69 Ditanggapi Serius Walikota Makassar

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — Wali Kota Makassar, Ir. H. Ramdhan Pomanto melalui selulernya kepada awak media bahwa semua anak di Makassar harus bersekolah tanpa terkecuali. Jikalau pun ada anak yang tidak lulus lantaran persoalan adminitrasi harus di carikan solusi bukan malah melemahkan semangat para calon pendaftar.

Pesan itu diutarakan pak Wali Kota Makassar saat di konfirmasi perihal sorotan beberapa media di SDN Tallo Tua 69.

Disinggung soal operator sekolah yang kurang bijak dalam memberikan petunjuk tehnis kepada orang tua siswa beberapa waktu lalu, Danny akan mengkroscek kebenarannya dan jika benar Wali Kota Makassar bakal menegur.

“Ok saya cek jika terbukti tentu ada sanksi,” Kata Danny melalui telepon selulernya, Sabtu (10/7/2021).

Sementara di tempat terpisah, Koordinator Divisi Hukum dan Pelaporan LSM PERAK Sulsel, Burhan Salewangang, SH menjelaskan pihaknya telah melakukan investigasi dari berapa sekolah baik SMK, SMA, SMP hingga SD salah satunya sekolah yang viral beberapa waktu lalu di Kec. Tallo yakni SDN Tallo Tua 69 banyak dugaan manipulasi data.

“Patut di curigai, SDN Tallo Tua 69 Kec. Tallo bisa jadi target pelaporan kami ke pihak berwajib karena tim menemukan sekolah bersangkutan memungut biaya berkas uploud untuk PPDB awal pendaftaran sebesar 20 ribu rupiah,” kata Burhan

Meski untuk membantu para orang tua siswa-siswi agar dipermudah, namun ini bukan persoalan kecil untuk mencari keuntungan dan jelas ini tidak dibenarkan oleh aturan.

“Kami juga sudah mempersiapkan timnya untuk melakukan pelaporan resmi ke penegak hukum agar segera ditindak lanjuti,” tegas Burhan

baca juga : LSM PERAK Temukan Banyak Pelanggaran di PPBD Online

Diketahui bahwa calon siswi yang yang ditolak SDN Tallo Tua 69 sudah diterima di sekolah lain namun jauh dari titik rumah kedua orang tuanya, prihatinnya lagi siswi tersebut sudah berusia 9 tahun namun belum diterima pada saat itu.

Saat di konfirmasi terkait persoalan ini, melalui selulernya Kepala Plt SDN Tallo Tua 69, Endang surya D TJ belum dapat terhubung. Hingga berita ini turun belum ada konfirmasi ulang dari pihak sekolah ataupun Dinas Pendidikan Kota Makassar yang bisa berkomentar apaupun. (**)