oleh

Tim PKK Ormawa LDF RM FT UNM Kembali Gelar Pelatihan Pengemasan dan Pemasaran Produk Rumput Laut

TAKALAR, koranmakassarnews.com — Tim PKK Ormawa Lembaga Dakwah Fakultas (LDF) Raudhatul Mujaddid (RM) Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (FT-UNM) kembali melaksanakan pelatihan pengemasan dan pemasaran produk pasca pelatihan pengolahan produk olahan rumput laut yang juga menjadi salah satu kegiatan inti Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PKK Ormawa) LDF RM FT-UNM Tahun 2023.

Pelatihan dilaksanakan di Dusun Boddia, Desa Laikang, Kecamatan Mangarabombang, Kabupaten Takalar (Lokasi Utama Mitra PPK Ormawa LDF RM FT-UNM). Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh kelompok ibu rumah tangga, nelayan, petani rumput laut dan pemuda tunakarya yang menjadi sasaran dari program PPK Ormawa LDF RM FT UNM. Pelatihan pengemasan dan pemasaran produk olahan rumput laut dengan jenis olahan kerupuk rumput laut, mie berbahan dasar rumput laut, bakso rumput laut dan dodol rumput laut.

Pelatihan pengemasan produk olahan rumput laut dilakukan agar dapat meningkatkan nilai jual olahan rumput laut, memiliki pengemasan yang dapat menarik konsumen, meningkatakan higenitas produk olahan rumput laut dan membuat produk lebih tahan lama.

Sedangkan pelatihan pemasaran dilakukan agar masyarakat dapat melakukan pemasaran produk dengan jangkauan pasar yang luas dan dapat memanfaatkan teknologi dan media marketplace seperti facebook, instagram, tiktok, shoppe, tokopedia dan media marketplace lainnya sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dan memotivasi masyarakat untuk memulai kewirausahann berbasis produk-produk lokal.

baca juga : Tim PKK Ormawa LDF RM FT UNM Gelar Pelatihan Pada Petani Rumput Laut Desa Laikang

“Muhammad Taufiq Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Angkatan 2019. Menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah salah satu kegiatan inti PPK Ormawa LDF RM-FT UNM yang dilakukan pasca pelatihan pengolahan produk, sehingga masyarakat tidak hanya terampil membuat produk tetapi masyarakat juga memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam pengemasan, membuat kemasan yang menarik dan pemasaran dengan memanfaatkan teknologi dan media yang ada”.

Dalam pelatihan pengemasan dan pemasaran produk olahan rumput laut masyarakat sangat merespon baik dan antusias karena baginya hal tersebut dapat membantu dan memberikan contoh bagaimana melakukan pengemasan produk dengan baik, menarik dan membuat produk olahan rumput laut memiliki daya simpan yang lama, serta juga memberikan edukasi bagaimana memasarkan produk dengan memanfaatkan teknologi dan media marketplace yang ada.

Ibu Bintang yang merupakan salah satu peserta dalam pelatihan yang dilakukan mengungkapkan bahwa kegiatan ini telah memberikan pengetahuan kepada kelompok wanita nelayan dan petani rumput laut bagaimana kita melakukan pengemasan dan pemasaran produk setelah melakukan pengolahan sehingga dapat membantu kami untuk meningkatkan nilai jual dan jangkauan pasar produk-produk lokal masyarakat desa laikang khusunya produk usaha rumah tangga petani rumput laut”. (*)