oleh

Wagub Sulsel Hadiri Launching Gerakan Korporasi Penanaman Jagung Sidrap

SIDRAP,koranmakassarnews.com — Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menghadiri launching gerakan korporasi penanaman jagung, Minggu (26/7/2020).

Penanaman jangung di laksanakan di Desa Bila Riase, Kecamatan Pitu Riase, Kabupaten Sidrap.

Dengan tema “Penguatan kelembagaan pemuda dalam mewujudkan kedaulatan pangan dan kesejehteraan petani” diharap gerakan ini dapat mendorong pemuda untuk mengembangkan pertanian.

Wagub Sulsel dalam sambutannya mengatakan bahwa Pilot project ini merupakan tindak lanjut dari Pedoman Pengembangan Kawasan Pertanian Berbasis Korporasi Petani.

“Gerakan ini mengamanatkan agar percepatan pengembangan kawasan dilakukan melalui kegiatan percontohan,” katanya.

Kunci sukses kegiatan percontohan adalah kuatnya kelembagaan ekonomi petani untuk mengelola bisnis usahatani secara berkelanjutan dan untuk meningkatkan kualitas produksi.

“Pemuda akan melakukan pembinaan dan pendampingan petani guna meningkatkan kualitas produksi, pembinaan dalam pengelolaan kelembagaan ekonomi petani, fasilitasi alat dan mesin pra panen, pasca panen dan pengolahan, serta pembukaan akses terhadap modal dan pemasaran,” jelasnya.

baca juga : Rakor Kajian Banjir Luwu Utara, Wagub Sulsel : Jangan Main-Main Dengan Hutan

“Kunci keberhasilan pilot project ini adalah kelembagaan petani,” tegasnya

Turut hadir dalam kegiatan launching tersebut, Wakil Bupati Sidenreng Rappang bersama para tokoh masyarakat, dan Petani Sidenreng Rappang.

Wagub Andi Sudirman Sulaiman dalam kesempatan bertemu masyarakat menyempatkan diri berdiskusi bersama masyarakat dan petani, membahas mengenai permasalahan yang ada di lapangan. (*)