oleh

2 September 1945 : Perang Dunia II Berakhir Ditandai Dengan Penandatanganan Dokumen Kapitulasi Jepang

koranmakassarnews.com — Perang Pasifik di Asia Pasifik dimulai sejak 7 Desember 1941 setelah serangan Jepang ke Pearl Harbor milik Amerika Serikat . Dan sesudah itu, Amerika masuk kedalam Perang Pasifik. Perang ini kemudian menggabungkan diri dengan Perang Dunia II.

Menyerahnya Jepang pada bulan Agustus 1945 menandai akhir Perang Dunia II. Angkatan Laut Kekaisaran Jepang secara efektif sudah tidak ada sejak Agustus 1945, sementara invasi Sekutu ke Jepang hanya tinggal waktu.

Walaupun keinginan untuk melawan hingga titik penghabisan dinyatakan secara terbuka, pemimpin Jepang dari Dewan Penasihat Militer Jepang secara pribadi memohon Uni Soviet untuk berperan sebagai mediator dalam perjanjian damai dengan syarat-syarat yang menguntungkan Jepang.

Jepang menyerah

Sementara itu, Uni Soviet juga bersiap-siap untuk menyerang Jepang dalam usaha memenuhi janji kepada Amerika Serikat dan Inggris di Konferensi Yalta.

Perang Pasifik terus berlanjut hingga Amerika Serikat beserta sekutunya menjatuhkan dua bom atom atas Kota Hirosima tanggal 6 Agustus 1945 dan Nagasaki tanggal 9 Agustus 1945. Kaisar Jepang menyerah tanggal 15 Agustus 1945 hingga resmi penyerahan saat di tandatanganinya dokumen kapitulasi Jepang.

Dokumen Kapitulasi Jepang adalah perjanjian yang meresmikan kapitulasi Kekaisaran Jepang, menandai berakhirnya Perang Dunia II di Front Asia Pasifik. Perjanjian ini ditandatangani oleh perwakilan dari Kekaisaran Jepang, Amerika Serikat, Republik China, Britania Raya dan Irlandia Utara, Uni Republik Sosialis Soviet, Persemakmuran Australia, Pemerintahan Kanada, Pemerintahan Sementara Republik Prancis, Kerajaan Belanda, dan Pemerintahan Selandia Baru.

Penandatanganan ini dilakukan di atas kapal USS Missouri di Teluk Tokyo pada tanggal 2 September 1945.

Sekutu diwakili oleh Panglima Tentara Amerika Serikat di Asia Pasifik, Jendral Douglas MacArthur, dan Jepang diwakili oleh Menteri Luar Negeri, Mamoru Shigemitsu, setelah bertemu dengan Kaisar Jepang, Hirohito sehari sebelumnya.

baca juga : 1 September 1948 : Diperingati Sebagai Hari Jadi Polisi Wanita

Penduduk sipil dan anggota militer di negara-negara Sekutu merayakan Hari Kemenangan atas Jepang (V-J Day). Walaupun demikian, sebagian pos komando terpencil dan personel militer dari kesatuan di pelosok-pelosok Asia menolak untuk menyerah selama berbulan-bulan bahkan hingga bertahun-tahun setelah Jepang menyerah.

Sejak kapitulasi Jepang, sejarawan terus berdebat tentang etika penggunaan bom atom. Perang antara Jepang dan Sekutu secara resmi berakhir ketika Perjanjian San Francisco mulai berlaku pada tanggal 28 April 1952. Empat tahun kemudian, Jepang dan Uni Soviet menandatangani Deklarasi Bersama Soviet–Jepang 1956 yang secara resmi mengakhiri perang antara kedua negara tersebut. (sumber wikipedia)