oleh

Manda Japari Terpilih menjadi Tomakaka PETA menggantikan Muhtar Pappi di Sendana Palopo

PALOPO, koranmakassarnews.com – Rumpun Keluarga Besar Katomakakan PETA kembali mengadakan pertemuan dalam penetapan Tomakaka Peta atau Kepala Pemangku Adat Setempat. Muhtar Pappi yang sebelumnya disepakati menjadi Tomakaka PETA memilih melimpahkan tanggung jawab itu kepada keponakannya yang bernama MANDA JAPARI, dikarenakan usia beliau yang sudah masuk 78 tahun.

Penetapan ini tentunya disepakati oleh seluruh masyarakat PETA melalui perwakilan masing – masing.
Pada kesempatan ini pula rumpun keluarga katomakakan PETA menyepakati pelantikan MANDA JAPARI sebagai Tomakaka akan dilaksanakan pada tanggal 18 mei 2024.

Pemerintah kecamatan sendana mendukung penuh pengangkatan saudara Manda jafari sebagai Tomakaka mengingat usia tomakaka sebelumnya sudah lanjut usia dan tidak mungkin lagi bisa menjabat.

Camat Sendana, Rombe, berharap tomakaka yang terpilih bisa menjadi tokoh sentral di tengah-tengah masyarakat Peta dan bisa bersinergi dengan pemerintah,” ujar Rombe, Camat Sendana.

Pada kesempatan itu pula anak patolo yang diwakili oleh Fadli menyampaikan kiranya saudara MANDA JAPARI dapat menjalankan amanah yg dipercayakan oleh masyarakat peta tersebut.