oleh

22 Desember 1928 : Kongres Perempuan I di Yogyakarta Diperingati Sebagai Hari Ibu

koranmakassarnews.com — Kongres Perempuan Indonesia ke-1 diselenggarakan di sebuah pendopo Dalem Jayadipuran, milik seorang bangsawan, R.T. Joyodipoero. Sekarang ini gedung tersebut dipergunakan sebagai kantor Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional (sekarang berganti nama menjadi Balai Pelestarian Nilai Budaya D.I. Yogyakarta) di Jalan Brigjen Katamso, Yogyakarta dan dimulai pada Sabtu malam 22-25 Desember 1928.

Tercatat sekitar 1.000 orang hadir pada resepsi pembukaan yang diadakan mulai tanggal 22 Desember 1928. Di antara yang hadir terdapat juga tokoh-tokoh organisasi-organisasi terkemuka di Hindia Belanda (sekarang Indonesia) yang dipimpin dan didominasi oleh kaum lelaki, seperti Boedi Oetomo, PNI, Pemuda Indonesia, PSI, Walfadjri, Jong Java, Jong Madoera, Muhammadiyah dan Jong Islamieten Bond.

Para peninjau mencatat sejumlah tokoh penting yang hadir antara lain: Mr. Singgih dan Dr. Soepomo dari Boedi Oetomo, Mr. Soejoedi (PNI), Dr. Soekiman (PSI), A.D. Haani (Walfadjri). Selain resepsi pembukaan, ada 3 pertemuan terbuka berikutnya selama berlangsungnya kongres.

Kongres Pemuda ke-2 yang menghasilkan “Sumpah Pemuda” yang diadakan terlebih dulu pada bulan Oktober 1928 telah menginspirasi tokoh-tokoh perempuan dari kelompok guru muda Jong Java yang telah membentuk cabang Poetri Indonesia di Yogyakarta, untuk membentuk Panitia Kongres Perempuan yang diketuai oleh R.A. Soekonto dengan Nyi Hajar Dewantoro sebagai wakilnya & Soejatien (Ketua Poetri Indonesia Cabang Yogya) sebagai sekretaris.

baca juga : 21 Desember 1968 : Misi Antariksa Berawak Pertama Apollo 8 Diluncurkan

Ketiga tokoh perempuan ini sebenarnya tidak asing dengan dunia pergerakan karena memiliki hubungan dengan tokoh pergerakan nasionalis Indonesia. R.A. Soekonto adalah kakak dari Ali Sastroamidjojo, dari namanya Nyi Hajar Dewantoro sudah jelas isteri dari Ki Hajar Dewantoro, sedangkan Soejatien (saat Kongres masih lajang) adalah murid Soekarno & Ki Hajar Dewantoro.

Beberapa pidato yang dibacakan oleh tokoh-tokoh perempuan pada saat Kongres:

“Pergerakan Kaoem Isteri, Perkawinan & Pertjeraian”, oleh Ny. R.A. Soedirman (Poeteri Boedi Sedjati)
“Deradjat Perempoean”, oleh Ny. Siti Moendjijah (Aisjijah Djokjakarta)
“Perkawinan Anak-Anak”, oleh Saudari Moegaroemah (Poeteri Indonesia)
“Kewadjiban & Tjita-Tjita Poeteri Indonesia”, oleh Saudari Sitti Soendari
“Bagaimanakah Djalan Kaoem Perempoean Waktoe Ini & Bagaimanakah Kelak”, oleh Saudari Tien Sastrowirjo
“Kewadjiban Perempoean di Dalam Roemah Tangga”, oleh Saudari R.A. Soekonto (Wanita Oetomo)
“Hal Keadaan Isteri di Europah”, oleh Ny. Ali Sastroamidjojo
“Keadaban Isteri”, oleh Nyi Hajar Dewantoro

Pada 22 Desember 1953, dalam acara peringatan ke-25 Kongres ini, Presiden RI Soekarno menetapkan sebagai Hari Ibu Nasional melalui Dekret Presiden RI No. 316 Tahun 1953. Sejak saat itulah, setiap tanggal 22 Desember diperingati sebagai Hari Ibu di Indonesia.