oleh

5 Januari 1963 : Ditetapkan Sebagai Hari Jadi KOWAL Korps Wanita Angkatan Laut

koranmakassarnews.com — Sejalan dengan pembangunan ALRI pada awal dasawarsa tahun 1960-an, kebutuhan akan tenaga wanita dalam kedinasan Angkatan Laut semakin terasa, pembentukan Korps wanita dalam jajaran Angkatan Laut berkaitan dengan aspek egisensi, yaitu bahwa ada beberapa bidang tertentu yang lebih sesuai dikerjakan oleh kaum wanita sesuai dengan kodrat nya.

Ide pembentukan sebuah korps wanita Angkatan Laut dicetuskan oleh Komodor Yos Sudarso, direalisasikan oleh menteri/Panglima Angkatan Laut Laksamana RE Martadinata dengan dikeluarkannya surat keputusan Men/Pangal No:5401.24 TGL 26 Juni 1962 tentang pembentukan Korps Wanita Angkatan Laut (KOWAL) surat keputusan tersebut ditindak lanjuti dengan perekrutan dan pendidikan para calon anggota Kowal yang menghasilkan 12 orang Perwira Kowal.

Sejak diangkat menjadi KSAL, tahun 1959 Laksamana Raden Eddy Martadinata memiliki program untuk mewujudkan Angkatan Laut yang Jaya, yakni Angkatan Laut yang handal dalam berbagai operasi tempur, memiliki peralatan material yang canggih dan personel yang profesional serta sistem organisasi yang baik sehingga mampu melaksanakan tugas-tugas pokok Angkatan Laut.

baca juga : 4 Januari 1946 : Malam Buta, Kereta Api Membawa Presiden Soekarno ke Yogyakarta

Dibentuknya Korps Wanita Angkatan Laut berarti membuka lembaran baru dalam sejarah TNI Angkatan Laut. TNI Angkatan Laut maju selangkah dalam memberikan hak dan kesempatan bagi kaum wanita Indonesia untuk turut serta dalam mendarmabaktikan dirinya di lingkungan TNI Angkatan Laut. Hal ini merupakan kehormatan yang sangat tinggi bagi wanita Indonesia.

Berita tentang pembentukan Kowal disebarluaskan ke seluruh pelosok tanah air khususnya ke Perguruan Tinggi dilengkapi dengan pengumuman penerimaan anggota Kowal. Dengan pengumuman tersebut teryata banyak wanita yang berminat untuk menjadi anggota Kowal, namun setelah diseleksi yang berhasil lulus sebanyak 12 orang.

Angkatan pertama ini dikenal sebagai Kowal Inti dilantik menjadi anggota Kowal oleh Men/KSAL R.E. Martadinata di lapangan apel MBAL Jln. Gunung Sahari 67 Jakarta, pada tanggal 5 Januari 1963 sesuai Surat Keputusan Men/KSAL No. 1301.1 tanggal 4 Januari 1963 dengan TMT kepangkatan mulai 1 Desember 1962.

Setiap tanggal 5 Januari diperingati sebagai Hari jadi Kowal. (sumber wikipedia)