oleh

6 Oktober 1965 : Ade Irma Suryani Nasution Hembuskan Nafas Terakhir Di RSPAD Jakarta

koranmakassarnews.com — Ade Irma Suryani Nasution (19 Februari 1960 – 6 Oktober 1965) adalah putri bungsu Jenderal Besar Dr. Abdul Harris Nasution. Ade terbunuh dalam peristiwa Gerakan 30 September yang berusaha untuk menculik Jenderal Besar Dr. Abdul Harris Nasution.

Ade yang berumur 5 tahun tertembak ketika berusaha menjadi tameng ayahandanya. Dalam peristiwa tersebut tewas juga ajudan Jenderal Besar Dr. Abdul Harris Nasution yaitu Kapten Anumerta Pierre Andreas Tendean.

Sebelum meninggal, Ade Irma Suryani sempat dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat di Jakarta. Namun, nyawanya tidak tertolong. Ia meninggal pada tanggal 6 Oktober 1965 atau 6 hari setelah penembakan.

Pemerintah membangun monumen di tempat peristirahatan terakhirnya, di kawasan Kebayoran Baru, persis di samping Kantor Wali Kota Jakarta Selatan.

baca juga : 5 Oktober 1945 : Perubahan Nama Dari BKR ke TKR Cikal Bakal HUT TNI

Di depan nisannya, tertulis kata-kata dari sang ayah, Jenderal A.H. Nasution. “Anak saya yang tercinta, engkau telah mendahului gugur sebagai perisai ayahmu.”

Saat ini, namanya diabadikan sebagai nama jalan, sekolah taman kanak-kanak, hingga panti asuhan, di beberapa daerah di Indonesia. Salah satunya adalah taman permainan dan rekreasi di Kota Cirebon yang diberi nama Taman Ade Irma Suryani Nasution. (sumber wkipedia)