oleh

6 Orang Masih Belum Ditemukan Dari 10 ABK Kapal TB Muara Sejati

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — Berita tentang Kapal TB Muara Sejati yang tenggelam cepat beredar luas di media sosial dan digroup whatsapp khusus keluarga ABK yang mencari info, hari ini senin tanggal 2 Januari 2023 tim SAR berhasil menemukan kapten kapal beserta 3 orang ABK nya yang selamat sementara 6 orang lainnya masih dalam pencarian.

Keluarga ABK yang masih hilang berharap semoga masih ada asa bertemu dengan mereka dalam keadaan hidup, meski sang Kapten Kapal dalam video pernyataannya viral yang mengatakan 6 ABK ini terjebak didalam kapal dan tidak lama kapal tenggelam tetapi 6 ABK ini tidak terlihat sama sekali dan tidak terlihat tanda-tanda melambaikan tangan.

Kapten kapal TB Muara Sejati, John Kakalang selamat dengan menaiki lifecraft bersama 3 orang lainnya yakni  Kurniawan Iman Setiaji jabatan masinis 3, Anton Marzuki jabatan oilier dan Asril Basri jabatan juru mudi.

“Pertama-tama saya mengucapkan banyak terima kasih buat Tim SAR yang sudah bekerja tulus dan tidak mengenal lelah dalam pencarian saudara saya dan ABK lainnya meskipun nyawa taruhannya. Saya tidak bisa membalasnya tapi biarlah Tuhan membalasnya”, ungkap Epi Taruk Kendek salah seorang keluarga dari salah satu ABK asal Tana Toraja Provinsi Sulawesi Selatan.

Namun Epi juga berharap semoga adiknya bisa ditemukan secepatnya dan memohon pihak terkait untuk memberikan penjelasan yang detail tentang kejadian ini dikarenakan pihaknya agak ragu dengan penjelasan sang kapten kapal yang sempat beredar di media sosial.

Sementara itu Deni Adistya Triatmaja kakak dari Ari Setiawan asal Cilacap juga berharap semoga adiknya dan 5 ABK lainnya lekas ditemukan dan mohon dengan sangat pada petugas yang mencari sebisa mungkin ada kabar.

“Kurang masuk di akal, seharusnya seorang nahkoda klo memang cuaca buruk harus semua crew diberi tahu bukan malah menyelamatkan diri sendiri”, ucap Deni yang juga seorang pelaut.

Daeng Nyorong keluarga Sunardi ABK asal Takalar yang juga pelaut ini menambahkan dan sangat menyayangkan kapten kapal yang pergi menyelamatkan dirinya tanpa memperdulikan 6 orang ABK nya yang masih ada dan dia menyatakan terjebak didalam kapal.

baca juga : Kapal TB Muara Sejati Hilang Kontak, Keluarga ABK di Takalar Menanti Kabar

“Sebagai nakhkoda, seharusnya bersikap jantan dengan menyelamatkan para ABK nya terlebih dahulu sebelum dia sendiri meninggalkan kapal. Tetapi yang terpenting sekarang adalah berusaha dulu mencari keberadaan para ABK yang masih hilang”, harap Daeng Nyorong.

Buat Tim SAR serta yang lainnya, Dg Nyorong berharap jangan cepat menyerah dan semoga ada mukjizat untuk bisa menemukan semua ABK dalam keadaan selamat dan sehat wal afiat.

Beberapa keluarga ABK juga sangat berterima kasih kepada Muslim Tarru keluarga dari Sunardi ABK asal Takalar yang telah menyatukan mereka dalam satu group WA yang dibuatnya dan itu sangat membantu karena Muslim Tarru begitu aktif berkomunikasi dengan Tim SAR dan cepat respon memberi info di group khusus itu. (*)