oleh

AHY Beri Kesempatan Generasi Muda untuk Memimpin Partai Demokrat

JAKARTA, koranmakassarnews.com — Tepat satu bulan setelah menerima mandat sebagai Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengumumkan susunan pengurus Partai Demokrat periode 2020-2025.

Diantara nama-nama yang muncul, banyak Generasi Muda dan jika dirata-ratakan maka umurnya adalah 42 tahun tepat seperti umur AHY. Sekretaris Jenderal Partai Demokrat yang baru terpilih Teuku Riefky Harsya juga masih tergolong muda dengan umur 47 tahun.

Teuku Riefky Harsya. Namanya memang tak asing di telinga warga Aceh. Maklum saja, dia sudah empat kali duduk sebagai Anggota DPR-RI mewakili rakyat Aceh. Teuku Riefky juga satu-satunya politisi yang secara berturut-turut berhasil meraih suara terbanyak di Aceh dalam tiga kali Pemilu Legislatif. Dengan Pengalaman Politik yang panjang dan kesuksesannya dalam mempertahankan suara Partai Demokrat di Aceh membuat Sekjen muda Partai Demokrat ini layak untuk mendampingi AHY sampai 2025 nanti.

 

Keunikan dari Kepengurusan DPP Partai Demokrat juga terlihat di struktur wakil Sekretaris jenderal. Terdapat nama Siti Nur Azizah yang tak lain adalah Putri Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres) Ma’ruf Amin. Azizah diketahui mencalonkan diri dalam Pilwalkot Tangerang Selatan (Tangsel) 2020. Dia setidaknya sudah mendaftar sebagai bakal calon Wali Kota Tangsel ke dua partai, yakni PDIP dan PPP.

Pilkada Tahun 2020 yang sempat didengungkan akan di undur membuat para bakal calon Kepala Daerah tersebut mempunyai banyak waktu untuk masuk dalam struktur organisasi Partai Politik yang akan mengusung mereka. Ketua Umum partai-partai pun memilih yang terbaik dari yang terbaik.

Dalam struktur DPP Partai Demokrat juga terlihat banyak Pemimpin muda yang siap bertarung dalam Pesta Demokrasi di daerah. Terlihat sosok Teknokrat dan Pengusaha muda dari Batam Osco Olfriady Letunggamu yang masuk dalam jajaran Pengurus DPP. Bakal calon wakil Walikota alternatif terkuat di Batam ini dipercaya AHY untuk duduk sebagai Sekretaris di Departemen VII yang membidangi Energi, Lingkungan Hidup, Riset dan Teknologi. Osco mendampingi Ketua Departemen Rusda Mahmud, mantan Bupati Kolaka Utara 2007-2017 yang juga aktif sebagai Anggota DPR-RI dari Komisi VII Dapil Sulawesi Tenggara.

baca juga : AHY Umumkan Susunan Kepengurusan Inti Partai Demokrat Periode 2020-2025

AHY membuat susunan Departemen seperti refleksi Komisi yang ada di Parlemen. Departemen tersebut akan menjadi mitra strategis Fraksi Partai Demokrat yang ada di DPR-RI. Tujuannya adalah untuk membuat kajian-kajian strategis dibidang masing-masing untuk menjadi bahan pertimbangan dan rekomendasi kepada Ketua Umum dalam menentukan kebijakan-kebijakan serta sikap Partai dalam menanggapi berbagai isu.

Dalam Pengumuman Susunan Kepengurusan DPP Partai Demokrat yang disampaikan oleh AHY pada hari Rabu tanggal 15 April 2020 terlihat bahwa Ketua Umum Partai Demokrat sangat teliti dan detail dalam memilih kader yang akan mendampingi beliau selama lima Tahun kedepan. Selain beriman, bertaqwa pada Tuhan Yang Maha Esa, serta berlandaskan Pancasila dengan semangat nasionalis religius, Pengurus DPP Partai Demokrat harus memiliki integritas, kapasitas, dan kapabilitas yang baik. Akan menjadi sebuah nilai tambah jika kader memiliki riwayat pendidikan dan rekam jejak serta prestasi di bidang politik maupun bidang profesional. (*)