oleh

Banjir dan Longsor Landa Bulukumba, Sebanyak 57 Hewan Ternak Terseret Arus Sungai

Adapun sebelumnya diberitakan bahwa tiga kabupaten meliputi Kabupaten Jeneponto, Kabupaten Bantaeng dan Kabupaten Sinjai dilanda banjir yang dipicu oleh faktor cuaca.

Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi da Geofisika (BMKG) telah merilis perkembangan prakiraan cuaca untuk wilayah Sulawesi Selatan per tanggal 9-14 Juli 2021 yang menyebutkan bahwa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih berpotensi terjadi.

baca juga : Banjir dan Longsor Landa Tiga Kabupaten di Sulsel, Satu Warga Dilaporkan Meninggal Dunia

Selain Sulawesi Selatan, BMKG juga menyebut wilayah lain seperti Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat dan Sulawesi Tenggara berpotensi mengalami fenomena cuaca yang sama.

Oleh sebab itu, pemerintah daerah di masing-masing wilayah tersebut diharapkan dapat mempersiapkan segala kebutuhan dan segera mengambil kebijakan guna meminimalisir adanya potensi bencana hingga beberapa hari ke depan.

Di samping itu, masyarakat juga diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan, membangun upaya mitigasi bencana dan selalui memperbarui perkembangan informasi prakiraan cuaca melalui BMKG dan InaRisk BNPB. (*)