oleh

Baznas Enrekang Gelar Sosialisasi Zakat dan Santunan Tunai untuk Masyarakat

ENREKANG, koranmakassarnews.com  — Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kecamatan Maiwa menggelar sosialisasi Zakat Infaq dan Sedekah (ZIS) serta pemberian bantuan Santunan Langsung Tunai (SLT) di Masjid Nurul Yakin desa Baringin, kecamatan Maiwa pada Sabtu, 23 Desember 2023.

Acara ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang kewajiban membayar Zakat Maal agar mereka menjadi lebih paham. “Sosialisasi ini sangat penting, terutama untuk masyarakat yang sebelumnya tidak memahami tentang Zakat. Seperti di desa Salo Dua, setelah UPZ aktif memasuki desa dan melakukan sosialisasi, masyarakat sudah paham dan bahkan memilih untuk berzakat setiap kali panen,” ungkap Ketua UPZ Kecamatan Maiwa, Agusmawan.

baca juga : BAZNAS Enrekang Salurkan Bantuan Paket Logistik Keluarga Stunting di 3 Kecamatan

Dalam acara tersebut, Ustadz Ilyas juga menekankan pentingnya kewajiban zakat dalam agama dan disertai dengan penjelasan pendalilan. Menurutnya, kewajiban zakat sangat penting, bahkan dalam Al-Quran terdapat 32 ayat yang berkaitan dengan perintah kewajiban zakat dan selalu disandingkan dengan perintah sholat.

Baznas Enrekang berharap acara ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat di Enrekang mengenai kewajiban zakat, terlebih lagi dengan potensi pertanian jagung dan padi yang dimiliki oleh desa Baringin. Di akhir acara, dilakukan penyerahan bantuan Santunan Langsung Tunai (SLT) tahap ke III dan IV tahun 2023. Setiap lansia menerima Rp 600.000 dari sebelumnya hanya Rp 100.000 per bulan. (ZF)