oleh

Bupati Enrekang Teken MoU Dengan Kemenaker RI Untuk Bantuan Modal dan Latihan Kerja

JAKARTA, koranmakassarnews.com — Kabar gembira untuk masyarakat Enrekang pasalnya Bupati Enrekang Muslimin Bando berhasil mendapatkan 480 paket pelatihan kerja lengkap dengan 240 paket bantuan modal.

Hal ini setelah Muslimin Bando menandatangani Nota Kesepakatan dengan Dirjen Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kementerian Tenaga Kerja, Budi Hartawan. Penandatanganan MoU berlangsung di acara yang berlangsung di Kementerian Tenaga Kerja, Jakarta, Rabu 17 Mei 2023.

“Alhamdulillah kita baru saja menandatangani MoU di Kemenaker. Nota kesepakatan ini terkait beberapa hal. Diantaranya pemberian pelatihan peningkatan kompetensi SDM sesuai potensi Enrekang, dan memberikan modal kerja bagi lulusan yang terpilih,” jelas MB.

Yang istimewa Enrekang satu-satunya kabupaten/kota di Sulsel yang sukses mendapat bantuan ini.

baca juga : Wabup Lepas Kontingen Enrekang Menuju Turnamen Pencak Silat Piala Kasad 2023

“Ini upaya kita melobi kementerian dan mengusahakan bagaimana SDM kita bisa memperoleh keterampilan kerja yang memadai. Ditambah lagi ada modal usaha,” ungkapnya.

Dirjen Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kemenaker RI Budi Hartawan mengatakan, bantuan ini diberikan karena komitmen kuat dari Pemda Enrekang untuk mengembangkan SDM masyarakat yang berdaya saing, guna menekan angka pengangguran.

Bantuan ini adalah bagian dari Sinergi Program Bidang Pelatihan Vokasi Kemenaker. 480 warga Enrekang akan diberi pelatihan di BLK Pangkep.

“Setelah pelatihan, akan diberikan pendampingan. Mulai dari peningkatan Literasi, dan pemberian bantuan peralatan dan permodalan agar dapat langsung mendirikan usaha mandiri,” jelas Budi. (*)