oleh

Dapat Sorotan dan Teguran Keras, Panitia Mubes IKA SMANSA 82 Kembalikan Biaya Pendaftaran Bakal Calon Ketua

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — Panitia penyelenggara Musyawarah Besar (Mubes) Ikatan Alumni SMA Negeri 1 (SMANSA) Makassar Angkatan 82 pada Selasa (30/3/2021) akhirnya mengambil langkah mengembalikan biaya pendaftaran sebesar Rp 15 juta yang telah dibayarkan oleh Junaldi Monoarfa, salah seorang bakal calon Ketua Umum IKA SMANSA 82 Periode 2021-2024.

Keterangan yang dihimpun media ini Rabu (31/3/2021) pagi menyebutkan, tindakan panitia mengembalikan dana yang disebutkan sebagai biaya pendaftaran bakal calon ketua ini akibat munculnya sorotan dan kecaman dari kalangan alumni serta adanya teguran keras oleh Azhary Sirajuddin yang hingga kini masih menjabat Ketua Umum IKA SMANSA 82.

Seperti diketahui sebelumnya, panitia Mubes IKA SMANSA 82 yang diketuai Andi Parawansa ini menjadwalkan pelaksanaannya pada Sabtu 20 Maret 2021 di Hotel Aryaduta Makassar, namun gagal terlaksana karena timbulnya kisruh internal antar alumni yang terkesan sudah mengarah kepada bakal terjadinya perpecahan kelompok alumni.

Kisruh tersebut disebabkan munculnya protes dan sorotan tajam terhadap beberapa kebijakan panitia yang dinilai tidak mengikuti aturan yang menjadi dasar dalam kehidupan berorganisasi. Parahnya lagi, kebijakan-kebijakan itu ditetapkan secara sepihak dan tanpa pernah dikoordinasikan maupun dilaporkan kepada Ketua Umum IKA SMANSA 82 selaku pemberi mandat kepanitiaan.

Menyikapi protes-protes dan sorotan yang muncul itu, Ketua Umum IKA SMANSA 82 Azhary Sirajuddin mengadakan pertemuan yang berlangsung di Hotel The Rinra pada Senin (15/3/2021) pagi dan dihadiri Penasehat Asriawan Umar, Ketua Harian Junaldi Monoarfa dan beberapa petinggi SMANSA 82 lainnya.

Dalam pertemuan itu selain memberikan teguran keras kepada panitia, juga disepakati untuk menunda penyelenggaraan Mubes sampai awal bulan April 2021 dengan beberapa ketentuan seperti mencabut persyaratan membebani biaya pendaftaran sebesar Rp 15 juta kepada bakal calon Ketua Umum IKA SMANSA 82 Periode 2021-2024.