oleh

Denny JA: Konflik di Rempang, Salah Dimana?

JAKARTA, koranmakassarnews.com — Bulan ini, September tahun 2023, media ataupun media sosial diramaikan oleh konflik di Rempang, Riau. Diberitakan di sana begitu banyak aksi-aksi protes, ekspresi kemarahan dan pencarian keadilan dari masyarakat setempat.

Di Rempang akan dibangun secara masif sekali proyek strategis nasional. Namun apakah gerangan yang terjadi? Proyek ini justru ditentang oleh masyarakat lokal, yang seharusnya paling diuntungkan oleh pembangunan di sana. Di manakah salahnya?

Kita mulai dengan data. Di Rempang akan dikembangkan menjadi Eco City. Akan ditanam investasi sebesar 381 triliun rupiah hingga tahun 2080.

Proyek ini akan menyerap banyak sekali tenaga kerja, lebih dari 300.000. Program ini pun sudah mengundang dan diikuti oleh perusahaan asing yaitu Xinyi Glass Holding. Ia bersedia menanamkan hingga 176 triliun rupiah.

Luas tanah yang akan dikelola sebanyak 8.000 hektar. Namun ini masalahnya. Ada 16 kampung adat yang harus dikosongkan.

Terjadilah itu bentrok dengan masyarakat setempat. Ini yang menjadi berita. Bahwa masyarakat melayu protes penggusuran warga pulau rempang di Batam. Juga dikatakan bahwa mereka marah karena “Sejarah kami akan hilang karena kami direlokasi.”

Juga menjadi berita belasan pelajar kena gas air mata karena bentrok dengan aparat polisi di sana. Terdengar pula kiprah ormas-ormas yang besar, seperti Muhammadiah NU, Gus Durian ikut membela teman-teman dari warga Riau yang merasakan ketidakadilan.

baca juga : Denny JA; Kaesang Ketua Umum PSI dan Efek Jokowi

Media asing pun diberitakan ikut menyoroti projek nasional di rempang. Berbagai video soal kemarahan publik luas beredar di media sosial.

Apa penyebabnya? Mengapa niat baik pembangunan menimbulkan luka sosial? Apa yang salah?

Ini karena tidak diterapkannya filosofi pembangunan yang lebih melibatkan masyarakat setempat. Membangun itu sejak awal harus diniatkan juga menjadikan masyarakat lokal sebagai partner, bukan musuh.

Tiga hal ini yang seharusnya sedini mungkin sudah diterapkan. Pertama, libatkan mereka, libatkan masyarakat setempat, sedini mungkin bahkan ketika tahap perencanaan.