oleh

Denny JA: Setelah Debat Capres Ketiga

koranmakassarnews.com — Bagaimanakah elektabilitas para capres saat ini setelah debat yang ketiga di bulan Januari 2024? Inilah pertanyaan yang paling seksi.

Saya menonton dengan seksama debat yang lebih dari 2 jam antara Anies, Prabowo dan Ganjar, untuk tema mengenai Hubungan Internasional, Pertahanan, Keamanan dan Geopolitik. Tinggal 36 hari lagi menjelang pencoblosan, 14 Febuari 2024.

Kita lihat dulu posisi elektabilitas mereka sebelum Debat Capres yang ketiga, setidaknya dari dua lembaga. Di ujung bulan Desember 2023, saya kutip data pertama dari LSI Denny JA.

sebelum Debat Capres yang ketiga, dukungan kepada Prabowo- Gibran sebesar 43,3%. Rangking ke- 2: Anies Baswedan dengan Muhaimin di angka 25,3%. Lalu Ganjar – Mahfud di angka 22,9%.

Prabowo- Gibran unggul telak sekali. Jarak dan selisih elektabilitas mereka lebih dari 17% dibandingkan dua kompetitornya.

Data kedua dari Lembaga CSIS. Di ujung Desember 2023, lembaga ini juga mengeluarkan hasil survei, dengan angka yang mirip-mirip sekali.

Dalam survei CSIS, Prabowo- Gibran 43,7% . Lalu Anies-Muhaimin 26,1%. Kemudian Ganjar – Mahfud: 19,4%. Baik LSI Denny JA, ataupun CSIS, sama hasilnya. Prabowo- Gibran unggul telak di angka 43% lebih.

Sama juga hasilnya. Jarak antara Prabowo-Gibran dengan dua kompetitornya di atas 17%.

baca juga : Denny JA: Mengapa Gibran Menang Debat Cawapres Perdana 2023?

Mengapa antara LSI Denny JA dan CSIS hasilnya mirip? Dua lembaga ini sama sekali tak ada komunikasi mengenai elektabilitas capres, bahkan mengenai apapun.

Hasilnya mirip karena dua lembaga ini melakukan survei di momen yang sama, dengan metodologi yang SAH , yang sama.

Itulah hasil dari ilmu sosial yang unggul. Jika sama metodologinya, dan sama juga momennya, maka hasilnya pun akan mirip-mirip.

LSI Denny JA juga mempunyai data lain yang penting. Di samping tingkat elektabilitas pasangan, LSI Denny JA juga menyoroti variabel lain yang penting, yang membentuk elektabilitas individual.

Ini datanya. Prabowo sudah dikenal lebih dari 95% populasi. Ini tingkat pengenalan yang tinggi sekali. Premium. Sementara Anies dan Ganjar dikenalnya masih di bawah 95%.