oleh

Dihadapan Pemuda Buddhis, Anwar Abubakar Ingatkan Falsafah Sipakalebbi

koranmakassarnews.com — Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Sulawesi Selatan H.Anwar Abubakar hadir sebagai pemateri pada kegiatan Pembinaan Karakter Pemuda Buddhis yang digelar di Travellers Hotel Phinisi Makasar, Sabtu 12 September 2020.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Bimas Buddha Kanwil Kemenag Sulsel ini diikuti oleh 55 peserta yang merupakan perwakilan organisasi Buddhis se Kota Makassar.

Bertindak selaku narasumber pada kegiatan ini, yakni, Kakanwil Kemenag Sulsel H.Anwar Abubakar dengan materi bahasan tentang Pentingnya Wawasan Kebangsaan Bagi Pemuda Buddhis, dan Pandhit Amanvijaya, S.Ag, MM, M.Pd.B mengulas tentang Pemuda Berkarakter Buddhis Ciptakan Generasi Emas, serta Bikkhu Silayatano yang membekali peserta dengan judul materi Peningkatan Saddha/Keyakinan Pemuda Merupakan Upaya Pembentukan Karaiter Generasi Buddha.

Anwar Abubakar dalam pemaparan materinya menekankan pentingnya pemahaman wawasan kebangsaan dalam kondisi bernegara seperti sekarang ini.

Dulu, kata Anawar Abubakar, ada pelajaran PSPB dan PMP, dimana siswa diajarkan tentang wawasan kebangsaan dan Pendidikan Moral Pancasila.

“Karena pelajaran ini secara spesifik tidak ada lagi maka saya harap wawasan kebangsaan diintegrasikan dalam penyajian pelajaran dan kegiatan keagamaan yang dilaksanakan”, imbuhnya.

Dihadapan pemuda buddhis, Anwar Abubakar mengingatian untuk memahami makna wawasan kebangsaan dan wawasan beragama serta arti moderasi beragama.