oleh

Heboh Virus Corona, Dokter Yudi Bagi Tips Penangkal

koranmakassarnews.com — Baru-baru dunia dihebohkan dengan virus Corona yang ada di Wuhan, China. Akibatnya beberapa negara mulai khawatir dengan virus tersebut yang penyebarannya dari manusia ke manusia.

Dr Wahyudi Muchsin mengatakan jika virus Corona memiliki kesamaan dengan penyakit pneumonia.

“Gejala umum dari pneumonia adalah demam, batuk, dan sukar bernafas. Jika merasakan gejala penyakit seperti ini agar segera berobat ke Puskesmas, Rumah Sakit atau fasilitas pelayanan kesehatan terdekat,” ujarnya kepada wartawan koranmakassarnews.com, Rabu (22/1/2020).

Ia menyarankan bagi masyarakat Makassar yang hendak liburan ke China agar lebih berhati-hati dan memerhatikan kondisi terkini virus Corona di Tiongkok.

“Sebaiknya juga berkonsultasi dengan Dinas Kesehatan atau Kantor Kesehatan Pelabuhan setempat. Bagi masyarakat Makassar yang selama di Tiongkok nanti agar menghindari berkunjung ke pasar ikan atau tempat penjualan hewan hidup,” ucap Wahyudi Muchsin.

Baca  Juga : Video Tips Sehat Dokter Koboi : Sehat dengan senyum

Dokter yang juga menjabat sebagai Humas IDI kota Makassar ini juga menghimbau jika di perjalanan berinteraksi dengan seseorang yang gejalanya

Jika dalam perjalanan merasa berinteraksi dengan orang dengan gejala demam, batuk, dan sukar bernafas atau jatuh sakit dengan gejala yang sama, agar segera berobat ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat.

“Jika setelah kembali ke Indonesia menunjukkan gejala demam, batuk, dan sukar bernafas agar segera berobat,” tegas Dokter Koboi sapaan karibnya.

Pria kelahiran 1979 ini memiliki tips untuk menghindari virus Corona salah satunya dengan memberlakukan pola hidup sehat.

“Makan makanan yang bergizi, menu seimbang, cukup buah sayur, melakukan aktivitas fisik minimal setengah jam setiap hari, cukup istirahat, dan segera berobat jika sakit,” pungkas Yudi yang juga sapaannya.

Seperti diketahui, Kementrian Kesehatan (Kemenkes) telah menyiapkan thermal scan di 135 pintu masuk negara, di bawah koordinasi 44 Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di pintu masuk udara, laut, dan darat.

Laporan : Gara