oleh

HUT Belopa, Pemprov Sulsel Telah Gelontorkan Dana 200 Miliar Untuk Luwu

LUWU, koranmakassarnews.com — Peringatan HUT ke-15 Belopa sebagai ibu kota Kabupaten Luwu dipusatkan di Ruang Paripurna DPRD Luwu, Belopa, Sabtu (13/2/2021).

Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman bargabung dalam acara itu via virtual dari Makassar. Sudirman dalam sambutannya mengatakan, sejak tahun 2018 hingga saat ini Pemprov Sulsel telah menggelontorkan Rp 500 miliar ke Luwu Raya (Luwu, Palopo, Luwu Utara, Luwu Timur).

Sambutan Bupati Luwu di HUT Belopa

“Khusus untuk Luwu, lebih kurang Rp 200 miliar. Ini menjadi bukti bahwa Pemprov Sulsel punya perhatian besar ke Luwu,” katanya.

Ia menjelaskan anggaran sebesar itu untuk pembangunan infrastruktur. Misalnya pembangunan jalan poros Bua-Rantepao, poros Batusitanduk-Sa’dan, dan sebagainya.

“Dengan dibangunnya infrastruktur jalan tersebut, Luwu akan menjadi pusat konektivitas di tiga daerah yakni Luwu Raya, Toraja serta Ajatappareng,” paparnya.

baca juga : https://koranmakassarnews.com/ini-pesan-bupati-luwu-di-hari-jadi-kota-belopa/

Selain itu, ada juga bantuan keuangan dari Pemprov Sulsel sebesar Rp 25 miliar. Bantuan itu untuk pembangunan ruas jalan di Kecamatan Latimojong.

“Kami berusaha membuka daerah terisolir yang ada di Luwu,” tambahnya.

Bukan hanya infrastruktur jalan, Pemprov juga membangun daerah irigasi di Makawa, Walenrang. Sudirman berharap Bupati dan Wakil Bupati Luwu terus membangun komunikasi yang baik dengan Pemprov Sulsel. (*)