oleh

Inovasi Posyandu “Gista DM” Desa Mendatte Enrekang Terima Verifikasi Lapangan dari Tim Kementerian Kesehatan RI

ENREKANG, koranmakassarnews.com — Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia bersama Kementerian Desa, Dinkes Provinsi Sulawesi Selatan, dan TP PKK Sulawesi Selatan melakukan kunjungan ke Desa Mendatte, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang untuk melihat inovasi Posyandu “Gista DM” (Gerakan Istana Sehat Desa Mendatte), senin (30/10/23)

Tim verifikasi lapangan ini terdiri dari empat orang, tiga dari Kementerian Kesehatan Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat yaitu Sinansari, SKM MKM, Marsha Anindita, S.Ds, dan Ibu Inriza Yuliandari, SKM. Kemudian, satu tim dari Kementerian Desa Direktorat Jenderal Pembangunan Desa dan Pedesaan, yaitu Ibu Winda Oktapisty, S.IP, M.Si.

Verifikasi ini bertujuan untuk memeriksa lapangan terkait Kader dan Posyandu berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2023. Beberapa kegiatan yang menjadi item verifikasi meliputi dokumen Posyandu, alat dan sarana posyandu, alur pelayanan Posyandu, inovasi Posyandu, peran Pemerintah Desa dan lintas sektor dalam upaya memberikan Pelayanan Kesehatan dasar, serta memverifikasi inovasi kader dan petugas Puskesmas Kecamatan dalam memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat, baik ibu hamil, balita, remaja, usia produktif, dan lansia di Desa Mendatte.

baca juga : IAS dan MF Hadiri Baksos MAFEST di Enrekang

Verifikasi lapangan ini dilakukan setelah sebelumnya telah dilakukan verifikasi dokumen dan inovasi Posyandu berprestasi secara daring melalui Zoom untuk semua provinsi di Indonesia. Posyandu Mekar Desa Mendatte, dengan Kasman sebagai kader dan inovator posyandu berprestasi, masuk dalam 6 besar Posyandu berprestasi Tingkat Nasional yang akan diperiksa oleh tim Kementerian Kesehatan RI.

Inovasi Gista DM di Posyandu Mekar Desa Mendatte bertujuan menjadikan Posyandu sebagai Istana Sehat, dengan harapan Posyandu mampu memberikan pelayanan terbaik kepada sasaran. Sasaran ini meliputi pelayanan terpadu di Posyandu yang meliputi lima kegiatan, yaitu: Suplementery Feeding Babarebula, Healthy Gym Burela, Lumbung Pitutur, Gaplan Gerakan Pemanfaatan Pekarangan, dan PHBS For Everything.

Hasil dari inovasi Gista DM ini telah terbukti mampu menurunkan stunting serta penyakit tidak menular seperti hipertensi dan diabetes melitus di Desa Mendatte.(*)