oleh

Kadis Sosial Beri Arahan Kepada Relawan Pelopor Perdamaian Sulawesi Selatan

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — Relawan Pelopor Perdamaian adalah salah satu tenaga relawan yang di miliki Kementrian Sosial, yang bertugas dan berfungsi menjadi mediator serta fasalisator kerawanan konflik sosial yang mana masuk dalam kategori Bencana Sosial yang sering terjadi di tengah tengah masyarakat.

Olehnya itu penting bagi Dinas Sosial mengundang kembali seluruh relawan Pelopor Perdamaian untuk mengikuti kegiatan Pengarahan dan Penyerahan Logistik serta Perlengkapan Tenaga Pelopor Perdamaian yang dilaksanakan pada hari kamis (4/11/2021) di Aula Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas Sosial Prov. Sulawesi Selatan, Andi Irawan Bintang, M.Si

Dalam sambutan dan arahannya Kadinsos Sulsel, Andi Irawan Bintang mengatakan kepada seluruh relawan Pelopor Perdamaian untuk terus proaktif dan menjaga progress kinerjanya karena keberadaan Relawan Pordam inilah yang akan menjadi Pilar utama untuk mencegah terjadinya konflik sosial ditengah tengah masyarakat.

“Eksistensi Pelopor Perdamaian harus lebih bisa dirasakan manfaat keberadaannya sebagaimana fungsi yang telah ditetapkan dalam Permensos 26 tahun 2017 tentang Fungsi Pelopor Perdamaian”, tutup A. Irawan.

Dalam kegiatan ini juga diserahkan logistik dan perlengkapan 1 paket yg berisi mantel, jaket, baju ,rompi, sepatu dan vitamin dan madu serta para relawan Pelopor Perdamaian, saat ini Sulawesi Selatan memiliki 56 orang tenaga Pelopor Perdamaian.

baca juga : Kemenkumham Sulsel Gandeng Dinas Sosial Untuk Bina Eks WBP

Relawan pelopor perdamaian ini berada dalam koordinasi seksi perlindungan sosial korban bencana sosial di semua Dinas Sosial mulai tingkat Provinsi hingga ke kabupaten/Kota.

“Sehingga menjadi sangat penting bagi kami untuk kemudian melakukan kegiatan konsolidasi serta kordinasi dengan seluruh teman teman relawan PORDAM se Sulsel agar supaya kami bisa mendapatkan input dan masukan terkait kendala yang dihadapi oleh relawan ketika bertugas di lapangan”, ungkap Kepala Seksi PSKBS Nur Adzan, SKM, MKes,

Selain itu harapannya agar para anggota Pordam ini idealnya selalu berkordinasi dan intens ketemu dengan dinsos setempat agar kerjasama kemitraan bisa diwujudkan sesuai harapan kita semua.

“Kami terus berusaha agar jumlahnya bisa terus bertambah bahkan sebagaimana instruksi Permensos 1 Desa/ Kelurahan 1 Relawan Pordam semoga hal ini bisa segera di wujudkan”, pungkas Nur Adzanmenutup press rilisnya kepada awak media yang mengikuti kegiatan ini. (faisal)