oleh

Mengenal Xiaomi Redmi 10, Ponsel Entry-Level dengan Beragam Fitur Menarik

koranmakassarnews.com — Xiaomi Redmi 10 telah https://www.blibli.com/jual/xiaomi-redmi-10 meluncur di Indonesia dengan berbagai spesifikasi menarik yang ditawarkan ponsel yang dibanderol kisaran Rp2 jutaan. Kapasitas RAM dan memori internal ponsel ini memiliki dua varian yaitu 4/64 GB serta 6/128 GB, berikut ulasan selengkapnya.

1. Tampilan Smartphone

Salah satu varian warna dari Xiaomi Redmi 10 adalah pebble white yang terlihat cocok dengan warna bingkai kamera belakangnya. Bodi ponsel ini terbilang tipis, ukurannya sekitar 8.92 mm, bobotnya juga termasuk ringan sekitar 17 gram.

Pada sisi kanan ponsel terdapat tombol power yang berperan sebagai pemindai sidik jari. Posisi tombolnya terbilang lebih ergonomis dan kinerjanya lebih cepat, dibandingkan model lain yang meletakkan fitur ini di atas layar, pada bagian kiri ponsel terdapat slot untuk Dual SIM, slotnya terpisah dengan MicroSD, karena bukan model hybrid.

2. Dibekali Resolusi FHD dan Layarnya Lega

Layar ponselnya berukuran 6.5 inchi yang tergolong lega, dilengkapi resolusi FHD Plus yang tergolong tinggi bagi kelas smartphone entry-level. Bagian refresh rate layar dilengkapi fitur AdaptiveSync.

Fitur ini naik secara otomatis menjadi 90 Hz, ketika bermain game, agar menghasilkan grafis lebih tajam dan pergerakan mulus. Sebenarnya, kemampuan ini lebih banyak dijumpai pada ponsel pintar kelas menengah.

3. Antarmuka Smartphone

Antarmuka yang diusung ponsel ini sama dengan seri Redmi Note 10 maupun Mi 10. Jadi, antarmuka yang digunakan adalah MIUI 12 basis Android 11, dan ada hal berbeda bagi pengguna baru.

Pada Redmi 10, jika Anda menerapkan swipe dari sisi atas layar sebelah kiri, maka halaman notifikasi aplikasi akan muncul. Jika swipe dilakukan dari sisi atas layar sebelah kanan, yang akan muncul adalah deretan shortcut ke fungsi.

4. Menghasilkan Jepretan Foto sangat Bagus

Redmi 10 dibekali kemampuan kamera 50 MP yang hadir pada mode khusus, dan harus diaktifkan sebelum mengambil foto. Kamera 50 MP ini, ditambahkan lensa ultrawide 8 MP, kamera macro 2 MP, serta kamera depth sensor 2 MP.

Dengan spesifikasi dan harga yang ditawarkan, kualitas foto yang dihasilkan kamera ponsel ini terbilang sangat bagus. Sebaiknya, pengambilan foto dilakukan ketika kondisi pencahayaan khusus, terutama pada malam hari.

baca juga : Grand Opening Toko Master 46, Tawarkan Promo HP Menarik Hingga Cicilan Nol Persen

5. Menggunakan Chipset MediaTek Helio G88

Redmi 10 untuk varian 6/128 GB dilengkapi chipset MediaTek Helio G88. Berdasarkan pengujian benchmark memakai aplikasi PCMark serta 3DMark dari UL Benchmarks menunjukkan peningkatan performa ponsel lebih baik dibandingkan kompetitornya.

6. Kapasitas Baterai yang Besar

Smartphone ini dibekali kapasitas baterai 5000 mAh, dilengkapi fast charging 18 W, baterai ponsel ini juga disematkan fitur reverse charging, sehingga dapat menjadi power bank. Hasil pengujian baterai berdasarkan simulasi melalui penggunaan aplikasi PCMark, menunjukkan bahwa baterai ponsel bisa bertahan sekitar 14 jam.

7. Smartphone Entry Level

Xiaomi Redmi 10 diklaim sebagai ponsel yang membawa standar baru terhadap smartphone entry level yang harganya kisaran Rp2 jutaan. Tetapi, penampilan luar ponsel pintar ini tidak mencerminkan smartphone kelas entry level.

Desain yang diambil ponsel ini terlihat cukup menarik dan berkelas. Bisa karena didukung dengan desain bingkai kamera belakang yang style-nya seperti Mi 10 Series atau Redmi Note 1 Series.

Bisa dikatakan Xiaomi Redmi 10 adalah smartphone entry-level yang telah mengalami upgrade spesifikasi. Ponsel ini bisa dijadikan pilihan oleh Anda yang mencari ponsel pintar entry-level, serta belum memerlukan perangkat dengan dukungan 5G.  (*)