oleh

Menunggu DPA, Program Padat Karya Dinas PU Makassar Segera Direalisasikan

koranmakassarnews.com — Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar sementara ini menunggu persetujuan langsung atau pengesahan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) terkait pelaksanaan proyek padat karya. Hal itu disampaika oleh Sekretaris Dinas PU Kota Makassar Nirman Mungkasa, Kamis (28/05/2020).

Nirman mengatakan bila persetujuan telah dikeluarkan, maka bisa melangkah ke tahap selanjutnya.

“Mungkin minggu ini kita sudah siapkanlah langkah-langkahnya bagaimana supaya bisa nanti dilaksanakan padat karyanya bagaimana SOP segala macam, cuma untuk mengeksekusi itu kita belum karena belum ada penyelesaian parsial juga,” kata Nirman.

Nirman menyebutkan, padat karya merupakan merupakan program jangka panjang yang akan diterapkan Dinas PU. Adanya pengurangan tengaga mesin pada beberapa proyek fisik dan melibatkan SDM pada proyek pembangunan dinilai dapat mengurangi angka pengangguran.

Dengan program tersebut Dinas PU turut serta dalam menekan angka kemiskinan di kota Makassar karena melibatkan SDM yang ada.

“Kita harap pengesahan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) segera diterbitkan, sehingga dengan begitu program padat karya bisa segera mungkin terlaksana,” kata Nirman.

baca juga : https://koranmakassarnews.com/dinas-pu-kota-makassar-kaji-penyebab-genangan-di-jalan-ap-pettarani/

Sementara itu Ketua Komisi C Bidang Pembangungan DPRD Kota Makassar Abdi Asmara sangat mendukung kebijakan padat karya yang dilakukan Dinas PU Makassar. Menurutnya proyek padat karya sangat bersahabat karena memberdayakan masyarakat sekitar, sehingga cukup baik dalam membantu ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

“Saya kira ini sangat bagus, program ini memang program pemerintah yang masyarakat harus mendukung terutama kami di DPRD,” ujar legislator Demokrat ini. (*)