oleh

Milad 20 Mapala Cakrabuana UMI Diapresiasi Walikota, Bupati Hingga Pangdam XIV

MAKASSAR, koranmakassarnews.com  — Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Cinta Kreativitas Bumi Alam Nusantara (Cakrabuana) Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar merayakan milad ke-20 tahun di Hotel MaxOne Makassar, Sabtu 8 Januari 2022.

Acara yang dihadiri sekitar 300an orang itu berlangsung meriah. Sejumlah anggota dan tamu undangan disuguhkan pentas seni, musik, puisi, dan tari-tarian kebudayaan daerah.

Di acara tersebut sejumlah tokoh pejabat di Sulawesi Selatan memberikan apresiasinya melalui video ucapan yang diputarkan di layar lebar. Di antaranya Panglima Kodam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno.

“Salam Lestari. Saya Panglima Kodam XIV/Hasanuddin, Ayam Jantan dari Timur, Mayjen TNI Syafei Kasno, mengucapkan Selamat Milad 2 Dekade Cakrabuana HMS Fakultas Teknik UMI. Semoga tetap solid, tetap survive, dan Jaya Selalu. Tetap Lestari,”

Walikota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto, juga memberikan ucapan selamat. “Selamat ultah Cakrabuana UMI, kelompok anak muda mahasiswa militan yang ingin berrbuat bagi almamaternya dan kota Makassar. Semoga di usia 20 tahun ini bisa bermanfaat bagi banyak orang dan insya Allah menjadi pemimpin-pemimpin masa depan yang selalu berbakti bagi UMI, Makassar dan Indonesia,” ucap Danny Pomanto.

Begitupun Bupati Wajo, Amran Mahmud turut mendoakan Cakrabuana. “Saya Amran Mahmud Bupati Wajo mengucapkan selamat milad ke-2 dekade Cakrabuana HMS FT UMI, Semakin jaya dan tetap solid. Salam lestari, sukses selalu, eksis terus, Jaya.”

mantan Wakil Bupati Luwu Timur Irwan Bachri Syam turut hadir di Milad Cakrabuana

Sejumlah tokoh mulai dari pengusaha, camat dan Mapala-mapala di Indonesia turut menyampaikan selamat di hari kelahiran Cakrabuana UMI.

Ir Irwan Bachri Syam, mantan Bupati Luwu Timur, yang merupakan salah satu Pendiri Cakrabuana UMI, dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kasih kepada semua pihak yang senantiasa mensupport Cakrabuana hingga dapat terus eksis sampai menginjak usia 20 tahun.

“Alhamdulillah, tidak ada yang pernah menyangka Cakrabuana bisa sampai seperti sekarang ini. Tentunya apa yang menjadi cita-cita dewan pendiri khususnya agar anggota Cakrabuana memberikan manfaat yang baik kepada masyarakat adalah harapan kita semua. Saat ini hampir semua alumni Cakrabuana yang berkiprah di luar boleh dikata cukup sukses, ada yang menjadi Bupati, Wakil Bupati, kepala dinas, pejabat pemerintahan, wakil rektor dan pimpinan perusahaan. Kami yakin dan percaya adik-adik yang saat ini aktif di organisasi akan mengikuti jejak seniornya,” jelas Irwan yang juga Ketua PII Luwu Timur.

baca juga : Pengurus HMS dan Mapala Cakrabuana UMI Terjun Langsung Bantu Korban Gempa Sulbar

Adapun Dewan Pembina Cakrabuana, Dr Ir Mas’ud SAR, mengingatkan agar anggota Cakrabuana yang saat ini masih aktif sebagai mahasiswa terus belajar, apalagi kondisi zaman saat ini sudah jauh berbeda sejak Cakrabuana didirikan.

“Zaman ini sudah memasuki Revolusi Industri ke 5 yang mengandalkan teknologi, jangan sampai kita ketinggalan. Adik-adik harus mampu menyelaraskan antara kegiatan pecinta alam dengan akademik Ketekniksipilan di kampus,” ungkap Ketua Umum Persatuan Alumni Teknik Sipil (PATSI) UMI ini

Kiprah Cakrabuana selama ini cukup memberikan kontribusi kepada masyarakat terutama di bidang lingkungan hidup. Cakrabuana beberapa kali menggelar kegiatan seminar dan penghijauan di beberapa daerah. Cakrabuana juga turut andil membantu korban bencana alam seperti Gempa Palu dan Banjir Bandang Luwu Utara dan beberapa daerah lainnya. (*)