oleh

Pangdam XIV/Hsn : Gelar Adat Tolaki Mekongga, Kehormatan dan Amanah

Sebelum mendapatkan penganugerahan gelar kehormatan, Mayjen TNI Andi Sumangerukka berziarah di makam Raja ke – 8 Sangia Nibandera dengan terlebih dahulu melaksanakan acara Meparamisi Masiara Koburu atau Permisi Ziarah Kubur bersama Raja Mekongga dan permaisuri, Ketua Majelis Adat dan Ketua Dewan Adat Mekongga, Bupati serta Forkompimda Kab Kolaka dan Danrem 143/HO serta Dandim 1412/Kolaka.

“Dalam kunjungan kerja selama dua hari di Kolaka, Pangdam juga meresmikan masjid Manunggal Nurul Amri Ansumar, penanaman pertama cocoa di area cocoa center terintegrasi Kolut yang merupakan produk unggulan Pemkab Kolut,” imbuhnya.

Serta peletakan batu pertama panti asuhan Santuri (Sayang Negara Kesatuan Republik Indonesia) di Kolaka Utara yang merupakan program peduli anak negeri Kodim 1412/Kolaka yang merupakan salah satu wujud implementasi dari Program Bersama Kita Bisa dari Pangdam XIV/Hsn serta peremian rumah tidak layak huni dan hasil bedah rumah milik warga yang korban kebakaran, termasuk pembagian sembako bagi warga yang terdampak Covid-19.

Pangdam XIV Hasanuddin

“Dan juga peresmian hasil bedah rumah warga tidak mampu dan peletakan batu pertama rumah hafidz di Kolaka serta silaturahmi dengan Muspida Kolut dan Kolaka serta tokoh masyarakat setempat,” tambahnya.

Untuk diketahui, lanjutnya, Andi Sumangerukka menyelesaikan masa kecil dan menyelesaikan pendidikan SD di Kendari, kemudian melanjutkan sekolah SMP dan SMA di Makassar sebelum menyelesaikan pendidikan militernya di AKMIL pada tahun 1987.

baca juga : Pangdam Hasanuddin Serahkan Bantuan Sosial Kasad untuk Bencana Gempa Bumi Sulbar

“Hingga saat ini, beliau dan keluarganya juga tinggal di Kendari, sehingga setelah diberikan penghargaan gelar adat Tolaki Mekongga, beliau (Mayjen TNI Andi Sumangerukka) mengatakan bahwa itu merupakan kehormatan dan amanah dari kepercayaan masyarakat Sultra, khususnya Tolaki Mekongga yang luar biasa dan akan beliau pegang teguh ,”imbuhnya.

Selain penyematan gelar kehormatan, Andi Sumangerukka juga mendapatkan kehormatan berupa parang adat Mekongga yaitu Ta’awu.