oleh

Pangdam XIV/Hsn : Gelar Adat Tolaki Mekongga, Kehormatan dan Amanah

“Pada kesempatan itu, Ibu Arinta Sumangerukka juga mendapatkan kehormatan berupa pemakaian adat Mekongga oleh Permaisuri Raja Mekongga Ibu Siti Arjuna. Prosesi penganugerahan gelar adat ditandai dengan pemakaian baju kebesaran Kerajaan Mekongga hingga penyerahan cenderamata Ta’ awu (Parang Adat Mekongga),” imbuhnya.

Pun demikian dengan Wakil Bupati Kolaka Muh. Jayadin, selaku Ketua Dewan Adat Mekongga mengatakan bahwa tidak semua tamu mendapatkan gelar kehormatan, hanya orang – orang yang memiliki kriteria yang sudah di musyawarahkan oleh Dewan Adat dan Majelis Adat serta diputuskan oleh Raja.

“Semakin besar penghormatan yang kita berikan, semakin besar pula penghormatan yang kita dapatkan,” ungkap Wakil Bupati Kolaka, Jumat (28/1/2021).

Seperti halnya dikatakan oleh Raja Mekongga bahwa penyematan gelar ini harus melalui musyawarah bersama Majelis Adat Mekongga, Dewan Adat Mekongga serta bersama tokoh adat lainnya.

“Pemberian gelar Anakia kepada seseorang tidaklah sembarangan, karena harus melalui proses serta karena harus melalui proses serta musyawarah terlebih dahulu. Gelar Anakia Pobendeno Wonia Mekongga sesuai kedudukan daerah Kolaka yang masuk dalam wilayah pertahanan Kodam XIV/Hsn bersama daerah Prov Sulbar dan Sulsel,” terang Raja Mekongga, Kolaka, kamis kemarin (28/1/2021)

baca juga : Kasur Pangdam XIV/Hsn Lelapkan Tidur Warga Korban Banjir Bandang di Sultra

“Pobendeno artinya pelindung, karna kapasitas beliau sebagai Pangdam yang melindungi suatu wilayah termasuk Kerajaan Mekongga atau Wonua Mekongga yang masuk kedalam wilayah territorial (Kodam XIV/Hasanuddin),” ungkapnya.

Setelah sambutan dari Raja Mekongga, saat memberikan sepatah kata, Pangdam XIV/Hsn juga menyampaikan rasa bangga dan penuh kehormatan kepada seluruh yang hadir.

“Ini akan menjadi spirit dalam menjalankan amanah, sebuah kebahagiaan dan kebanggaan baik secara pribadi maupun kedinasan, saya sangat berterimakasih,” kata Pangdam.

“Dengan pemberian gelar ini kini saya telah menjadi bagian dari keluarga besar Mekongga, saya akan menjalankan amanah ini untuk menjaga dan melindungi seluruh masyarakat Mekongga, semoga ini menjadi berkah bagi Bumi Mekongga dan ini merupakan sebuah kehormatan dan amanah yang harus saya kerjakan” tegas Mayjen Andi Sumangerukka. (penrem143)