oleh

Pastikan Kesiapan Operasi, Polres Toraja Utara Gelar Lat Pra Ops Mandiri Kewilayahan Patuh 2023

TORAJA UTARA, koranmakassarnews.com — Polres Toraja Utara Polda Sulsel, menggelar Lat Pra Ops Mandiri Kewilayahan Patuh 2023 di Aula Mapolres Toraja Utara, dalam rangka menurunkan angka pelanggaran, kecelakaan lalu lintas dan angka fatalitas serta meningkatkan disiplin Masyarakat dalam berlalu lintas, Senin (10/07/23).

Pelaksanaan Latihan Pra Operasi dengan sandi Operasi Patuh 2023 tersebut dibuka langsung oleh Wakapolres Toraja Utara Kompol. Marthen Buttu didampingi Kabag Ops KOMPOL Marthen Tangallo serta diikuti oleh para Pejabat Utama dan Personel Polres Toraja Utara yang terlibat dalam operasi.

Dalam Sambutannya, Wakapolres Toraja Utara Kompol Marthen Buttu selaku Wakaopsres menjelaskan, bahwa pelatihan Pra Operasi ini merupakan salah satu bagian proses manajerial yang harus dilaksanakan dalam setiap operasi, dimana hal ini untuk menyamakan pola pikir dan cara bertindak serta untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan dari seluruh Personel yang terlibat dalam operasi.

“Pelaksanaan Lat Pra Ops ini dilakukan, agar kesiapan operasi, penugasan dilapangan tidak ada kendala, kemudian para Personel benar-benar mengerti dan memahami apa yang menjadi tugas pokoknya ataupun sasaran operasi,” terangnya.

Ia menambahkan, sebanyak total 38 personel Polres Toraja Utara dilibatkan dalam Ops Mandiri Kewilayahan Patuh 2023 yang terbagi 4 Satgas yaitu Satgas Preemtif, Satgas Preventif, Satgas Gakkum Lantas dan Satgas Banops.

baca juga : Kapolres Toraja Utara Bangun Rumah Tempat Tinggal Baru Untuk ODGJ

Lebih lanjut Wakapolres mengatakan bahwa dalam pelaksanaan operasi nantinya dilakukan secara persuasif humanis, sembari memberikan sosialisasi yang bersifat edukatif secara masif dan simultan sehingga tercipta Masyarakat yang patuh dan tertib berlalu lintas sebagai cermin moralitas bangsa.

“Kepada seluruh personel yang terlibat, utamakan faktor keselamatan diri, hindari tindakan yang menjadi pemicu ketidak percayaan Masyarakat kepada Polri khususnya Lalu Lintas, lakukan tugas secara profesional, prosedural dan terbuka,” harap Wakapolres.

Kegiatan dilanjutkan dengan pendalaman dan penyampaian paparan dari Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) selaku Karendalopsres, Kasat Intel selaku Ka Anev, Kasat Lantas selaku Kastgasopsres I, serta Ps. KBO Sat Lantas selaku Kasatgasopsres II.

Sebagai Informasi, bahwa operasi Mandiri Kewilayahan Patuh 2023 Polres Toraja Utara dilaksanakan selama 14 hari terhitung mulai tanggal 10 sampai dengan 23 Juli 2023. (**/Wisnu)