oleh

Pemprov Sulsel Fasilitasi Air Bersih di Pulau Langkai dan Lanjukang

koranmakassarnews.com — Gubernur Sulsel, Prof HM Nurdin Abdullah bersama Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin, berkunjung ke Pulau Langkai dan Pulau Lanjukang, Kelurahan Barrang Caddi, Kecamatan Sangkarrang, Kota Makassar, Minggu, 2 Agustus 2020. Kunjungan keduanya ke pulau terluar Kota Makassar itu dalam rangka bakti sosial sekaligus memberi bantuan sembako kepada warga.

Kepala Kantor Konsuler Jepang di Makassar, Miyakawa Katsutoshi, turut hadir dalam kegiatan ini bersama pengurus Perhimpunan Alumni Indonesia dari Jepang (Persada).

Kehadiran Gubernur Sulsel dan Penjabat Wali Kota Makassar disambut gembira warga pulau. Apalagi dalam kesempatan tersebut, Nurdin Abdullah banyak menerima permintaan masyarakat pulau yang dijanjikan akan direalisasikan dalam waktu dekat.

Dalam sambutannya, Nurdin Abdullah mengatakan, kunjungannya ke pulau untuk memenuhi kebutuhan warga. “Jadi kami datang kesini melihat kondisi warga kita. Apa kira-kira yang harus kita lakukan. Karena saya pikir pulau-pulau ini perlu juga mendapat sentuhan,” kata Nurdin Abdullah saat di Pulau Langkai.

Ia melanjutkan, sebagai negara kepulauan, masyarakat yang berada di pulau seharusnya lebih sejahtera. Potensinya sangat besar untuk dikembangkan. Hanya, selama ini kurang mendapat perhatian.

Makanya, Nurdin Abdullah berkomitmen akan mensejahterahkan warga kepulauan. Terkhusus di Kota Makassar, Pulau Langkai dan Pulau Lanjukang dijanjikan pembangunan fasilitas air bersih langsung minum. Salah satu kebutuhan dasar paling penting bagi warga pulau.

baca juga : Gubernur Sulsel dan Pj Walikota Makassar Bawa Bantuan Ke Pulau Terluar

“Bulan September kita akan pasang di sini (fasilitas teknologi) air langsung minum. Seperti yang ada di Barang Caddi,” ujarnya.

Penyiapan teknogi pengelola air bersih ini sementara dalam tahap perencanaan.

Diketahui, fasilitas serupa ini, sebelumnya sudah dicanangkan Nurdin Abdullah di Pulau Barang Caddi pada 23 Desember 2019 lalu. Dengan menghadirkan Unit Pengolah Air Siap Minum (Arsinum) Teknologi Sea Water Reverse Osmosis (SWRO) yang mampu mengolah air laut menjadi air bersih langsung minum.