oleh

Pisah Sambut Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen Andi Sumangerukka Puji Pangdam Lama

MAKASSAR, koranmakassarnews.com – Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka resmi berkantor di Makodam XIV Hasanuddin, hal tersebut ditandai dengan acara lepas sambut pejabat lama ke pejabat baru di ruang kehormatan Kodam XIV Hasananuddin Jl Urip Sumoharjo, Senin (13/1/2020).

Sebelum memasuki ruangan Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka disambut upacara adat Angngarru dan tari Paduppa, kemudian dilanjutkan acara penghormatan penciuman pataka.

Diketahui sebelumnya, Pangdam XIV resmi berotasi, Mayjen TNI Surawahadi diganti Mayjen TNI Andi Sumangerukka. Pergantian ini berdasar Surat Keputusan Nomor Kep/1420/XII/2019 17 Desember 2019.

“Saya akan melanjutkan apa yang telah dilakukan pendahulu saya, kita melihat banyak kemajuan yang telah dilakukan oleh beliau dan itu adalah batu pertama, dasar pondasi yang akan saya bangun kedepan.” ucap Mayjen Andi Sumangerukka di depan sejumlah Media usai berfoto dengan pejabat dan staf lingkup Kodam.

Pangdam baru yang merupakan salah satu putra terbaik Sulsel ini, menguraikan keinginannya untuk menjadikan Kodam sebagai institusi militer yang memiliki tentara profesional dan dapat berkontribusi lebih terhadap masyarakat Sulsel.

“Saya berangan angan bagaimana untuk menjadikan Kodam ini bisa melahirkan tentara tentara profesional dan dicintai oleh rakyat, khususnya masyarakat Sulsel. Spirit yang telah ditanam oleh pak Surawahadi akan kami pupuk dan dilanjutkan.” tuturnya.

Baca Juga : Ulang Tahun Koran Makassar News ke 9, Kapendam XIV Hasanuddin Beri Ucapan Selamat

Keterlibatan TNI dalam kegiatan kegiatan sosial seperti penyaluran bantuan terhadap wilayah bencana juga menjadi perhatian Pangdam XIV.

“Langkah langkah yang akan kita lakukan pastinya kita tetap monitor dan membantu Pemda dalam rangka melakukan evakuasi dan perbaikan rehabilitasi daerah daerah yang berdampak bencana banjir. Dan itu tetap menjadi perhatian kita. Jika memang dibutuhkan akan dibuat posko posko di sana.” ujarnya.

Terkait rencana pembuatan kapal/ perahu untuk penanggulangan bencana yang sudah dicanangkan Pangdam lama , Pangdam baru Andi Sumangerukka menegaskan akan melanjutkan program tersebut.

“Itu adalah bahagian upaya beliau agar kita bisa menyatu dengan masyarakat. Apalagi melihat wilayah Sulsel adalah daerah yang memiliki banyak pantai.” tutupnya.

Rangkaian acara lepas sambut ini juga dilakukan upacara apel bersama dan menampilkan defile prajurit Kodam XIV Hasanuddin. Dan ditutup dengan acara ramah tamah bersama seluruh komponen TNI beserta tamu.

Laporan : Ilham