oleh

SAINS Gelar Dialog Kebangsaan di Cafe Gaul Alauddin Makassar

MAKASAR, koranmakassarnews.com — Serikat Aktivis Mahasiswa Indonesia ( SAINS ) menggelar Dialog Kebangsaan dengan tema Peran Pemuda & Masyarakat dalam menjaga stabilitas politik serta mengawal hasil pemilu sebagai wujud demokrasi di Cafe Gaul Alauddin, Minggu (10/03/2024).

Kegiatan tersebut merupakan bentuk edukasi kepada Pemuda dan Masyarakat untuk sadar dan tidak mudah diprovokasi serta mengajak kepada seluruh masyarakat Sulawesi Selatan khususnya di Kota Makassar untuk tidak melakukan tindakan yang dapat mengganggu proses rekapitulasi perhitungan suara pemilu tahun 2024 sampai dengan sidang pleno yang dilaksanakan oleh KPU Prov. Sulsel.

Dan juga mensupport kinerja KPU Prov. SUL-SEL beserta seluruh unsur penyelenggara pemilu yang bersikap netral pada pemilu tahun 2024.

Adapun poin penting yang di sampaikan oleh narasumber pada kegiatan tersebut antara lain peran pemuda dan masyarakat dalam mencegah konflik dan menghentikan polarisasi perpecahan masyarakat pasca pemilihan, kedua penggunaan media sosial dan penyebaran informasi yang akurat tanpa hoax, isu sara dan provokasi, ketiga penanganan sengketa pemilu secara jalur hukum, keempat pentingnya sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pemilu damai dan terakhir kelima pentingnya peran Polri dan partisipasi semua pihak dalam menjaga stabilitas politik selama agenda Pemilu 2024.

baca juga : Walikota Makassar Minta Ruang Dialog di Masjid, Jauhi Hoax di Medsos!

“Tak lupa juga kami ucapkan terima kasih kepada seluruh instansi terkait dan pihak kepolisian yang telah mengawal pemilu sehingga dapat berjalan aman dan damai”, tutur moderator Qadri.

“Dan juga harapan kami dengan kegiatan yang kami buat ini dapat menjadi pemantik bagi Pemuda dan Masyarakat di Sulawesi Selatan Khususnya di Kota Makassar agar sadar dan paham mengenai proses pemilu dan juga terkait regulasi pemilu”, tutup Tri Albar selaku ketua Umum SAINS. (*)