oleh

Strategi UTBK 2024: Tips Hadapi 7 Subtes dengan Percaya Diri

JAKARTA, koranmakassarnews.com — 3 November 2023 – Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) 2024 akan dilaksanakan pada bulan Mei mendatang. Sejauh mana persiapan yang sudah kamu lakukan? Perlu diingat bahwa UTBK-SNBT memerlukan persiapan yang matang jauh sebelumnya, terutama karena format ujian ini telah mengalami perubahan sejak tahun lalu.

Perubahan signifikan yang perlu diperhatikan adalah penghapusan ujian mata pelajaran dalam UTBK-SNBT, yang sekarang lebih menekankan pada kemampuan penalaran dan pemecahan masalah. Dengan kebebasan memilih jurusan kuliah dalam UTBK-SNBT, Tes Kemampuan Akademik (TKA) dihapus. Sehingga, mengandalkan hafalan semata bukan lagi pilihan; pemahaman konsep dan berpikir kritis menjadi hal yang penting.

Berdasarkan pelaksanaan UTBK-SNBT tahun sebelumnya, tujuh subtes diujikan dengan total 160 soal dan durasi ujian selama 195 menit. Menghadapi tujuh subtes mungkin akan terlihat menyulitkan, namun sebenarnya materi inti ujian akan berkisar pada tiga domain utama, yaitu: logika (penalaran umum), bahasa (Pengetahuan dan Pemahaman Umum, Pemahaman Bacaan dan Menulis, Literasi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris), serta matematika (pengetahuan kuantitatif dan penalaran matematika).

Nah, agar kamu bisa semakin mantap dalam melakukan persiapan UTBK-SNBT, Zenius akan memberikan tips-tips berikut:

Kuasai dasar-dasarnya

Karakteristik unik soal UTBK-SNBT, terutama pada domain literasi, membutuhkan pemahaman mendalam terhadap konsep-konsep dasar. Jawaban-jawaban tidak berasal dari hafalan atau rumus cepat, tetapi dari pemahaman yang mendalam terhadap realitas sehari-hari dan konsep atau model yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah.

Penerapan konsep teori dalam kehidupan sehari-hari

Selain memahami konsep teoritis, kamu juga harus menjelajahi bagaimana konsep-konsep ini diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pendekatan praktis ini membuat proses pembelajaran lebih bermakna dan mendorong kamu untuk mencari benang merah atau menghubungkan berbagai disiplin ilmu.

baca juga : Rahasia Belajar ala Richard Feynman: Pahami dan Sederhanakan Konsep Pelajaran

Banyak membaca dan eksplorasi berbagai hal

Memecah materi pelajaran menjadi topik-topik khusus dan terus-menerus berlatih, terutama pada area yang dianggap sulit, akan membawa pemahaman yang mendalam terhadap istilah, jenis soal, dan pola-pola yang sering muncul. Zenius menyediakan ZenPractice dan materi latihan PDF yang bisa kamu unduh dan dicetak.

Mempersiapkan Diri dengan Tryout

Dengan jumlah soal yang lebih banyak daripada tahun-tahun sebelumnya dan durasi ujian yang lebih panjang, penting bagi kamu untuk terbiasa dalam menjawab soal dengan cepat, akurat, dan daya tahan yang baik. Tryout akan membantu mempersiapkan dirimu agar lebih siap dalam menghadapi ujian yang sesungguhnya.

Dengan menerapkan strategi-strategi tersebut, semoga kamu dapat meningkatkan kesiapan untuk melaksanakan UTBK-SNBT dan memaksimalkan potensi kelolosan kamu ke perguruan tinggi negeri pilihan. (*)