oleh

Wings Air Prioritaskan Keselamatan Penumpang dengan Pengecekan Indikator Pesawat Sebelum Keberangkatan

Standar Ketat Sebelum Keberangkatan

Wings Air sudah melaksanakan prosedur pengecekan sebelum keberangkatan (pre-flight check) pada pesawat ATR 72, sebagai serangkaian pemeriksaan dan uji coba yang dilakukan oleh pilot, awak kabin dan teknisi sebelum pesawat siap untuk diterbangkan. Tahapan dimaksud dilaksanakan setiap kali pesawat akan diterbangkan dan merupakan bagian yang tidak dapat diabaikan dalam operasional penerbangan. Hasilnya, pesawat dalam kategori aman dan laik (layak) dioperasikan.

Berikut fase dari pre-flight check pada pesawat ATR 72 Wings Air:

Exterior Inspection

Teknisi dan awak pesawat memeriksa kondisi eksterior pesawat seperti kondisi badan pesawat, sayap, mesin, kaca kokpit, ketinggian ban, kebersihan pesawat dan kondisi di sekitar pesawat.

Interior Inspection

Kru pesawat memeriksa kondisi interior pesawat seperti dokumen, kebersihan kabin, kursi penumpang dan sistem pengatur suhu.

Cockpit Inspection

Pilot mengikuti prosedur pemeriksaan terhadap kondisi sistem elektronik, komunikasi, navigasi dan kontrol pesawat seperti altimeter, instrumen penerbangan dan sistem bahan bakar.

Engine Start and Run-Up

Pilot melakukan tes awal mesin dan sistem bahan bakar sebelum memulai menyalakan mesin pesawat.

Taxi Check

Setelah mesin berhasil dihidupkan, pilot menjalankan pengujian sistem rem, kemudi dan mesin pada kecepatan rendah ketika pesawat bersiap melakukan taksi (pergerakan dari landas parkir menuju landas hubung). (*)