oleh

YIM-UNICEF Laksanakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Fasilitator Masyarakat di Tingkat Desa

BANTAENG, koranmakassarnews.com — Yayasan Indonesia Mengabdi dengan Dukungan dari UNICEF Indonesia dan Pemerintah Jepang melaksanakan pelatihan peningkatan kapasitas fasilitator masyarakat dan relawan sosial dalam memberikan edukasi mengenai dukungan psikososial kepada orang tua di tingkat desa/kelurahan di Kabupaten Bantaeng, selasa (27/12/22)

Pelatihan ini merupakan rangkaian dari kegiatan Program Dukungan Psikososial untuk Siswa PAUD dan SD kelas awal. Program Dukungan psikososial adalah segala bentuk dukungan awal yang diberikan baik dari sekolah maupun dari pihak keluarga dan masyarakat yang bertujuan untuk menjaga atau mempromosikan kesejahteraan psikososial dan/atau mencegah atau mengatasi gangguan psikologis atau kesehatan mental pada anak sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.

“Peran sekolah tentunya tidak cukup dalam memberikan dukungan psikososial pada anak, makanya diperlukan kerjasama antara peran keluarga dan lingkungan masyarakat”, ucap Sekdis PMD-PPA Bantaeng.

Kesehatan mental merupakan isu yang sangat penting selama pandemi dan pasca pandemi. Sejumlah studi menunjukkan bahwa pandemi COVID-19 meningkatkan tekanan mental, depresi, kecemasan di masyarakat, baik orang dewasa, remaja dan anak-anak.

“Studi yang dilakukan oleh UNICEF menunjukan bahwa 1 dari 7 anak mengalami masalah kesehatan mental selama pandemi dan anak-anak berpotensi mengalami dampak jangka panjang terutama terhadap kesehatan mental mereka. Hal tersebut yang menjadi alasan mengapa penting melakukan pelatihan kepada semua elemen yakni guru, orang tua, dan fasilitator masyarakat terkait bagaimana memberikan dukungan psikososial kepada anak”, sambungnya.

baca juga : YIM-UNICEF Gelar Pelatihan Dukungan Psikososial Untuk Siswa PAUD dan SD

Terdapat 50 fasilitator masyarakat yang menjadi dalam pelatihan ini yang terdiri atas pendamping Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM), pendamping Pusat Kesejahteraan Sosial di setiap desa/kelurahan, tenaga Kesehatan bidang promosi Kesehatan, serta pendamping PATBM tingkat kabupaten.

Fasilitator masyarakat dan relawan sosial yang telah dilatih nantinya akan memberikan edukasi kepada orang tua terkait dukungan psikososial dan pola pengasuhan pada anak (good parenting).

Kegiatan ini dibuka oleh Sekertaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Perempuan dan Perlindungan Anak (PMD-PPA) Kabupaten Bantaeng. Peningkatan kapasitas fasilitator masyarakat di tingkat desa/kelurahan merupakan salah satu strategi terbaik untuk membuat tim penanganan dan perlindungan anak yang dapat diakses dengan mudah oleh anak dan orang tua. (*)