oleh

12 April 1961 : Yuri Gagarin Manusia Pertama Ke Luar Angkasa Dengan Pesawat Roket Vostok 1

koranmakassarnews.com — Perlombaan Antariksa antara Uni Soviet dan Amerika Serikat, kedua negara adidaya Perang Dingin, dimulai tepat sebelum Soviet meluncurkan satelit pertama, Sputnik 1 pada 1957. Kedua negara mengembangkan teknologi penerbangan luar angkasa dengan cepat, untuk meluncurkan manusia pertama ke luar angkasa. Uni Soviet secara rahasia menjalankan Program Vostok untuk menandingi Proyek Mercury Amerika Serikat. Program Vostok meluncurkan beberapa misi prekursor pada Mei 1960 hingga Maret 1961 dengan berbagai tingkat keberhasilan.

Vostok 1 (bahasa Rusia: Восток-1, East 1 atau Orient 1) adalah misi luar angkasa berawak pertama dalam program Vostok dan misi luar angkasa berawak manusia pertama dalam sejarah. Pesawat luar angkasa Vostok 3KA diluncurkan pada tanggal 12 April 1961. Penerbangan tersebut membawa Yuri Gagarin, seorang kosmonaut Uni Soviet, ke luar angkasa. Misi ini menandai pertama kalinya manusia terbang ke luar angkasa, serta penerbangan orbital pertama dari wahana antariksa berawak.

Yuri Alekseyevich Gagarin (9 Maret 1934 – 27 Maret 1968) adalah seorang kosmonot berkebangsaan Uni Soviet yang menjadi manusia pertama yang melakukan perjalanan ke luar angkasa, mencapai tonggak penting dalam Perlombaan Antariksa; kapsulnya, Vostok 1, menyelesaikan satu orbit Bumi pada 12 April 1961. Gagarin menjadi selebriti internasional dan dianugerahi banyak medali dan gelar, termasuk Pahlawan Uni Soviet, gelar kehormatan tertinggi di negaranya.

Peluncuran roket Vostok I membawa Yuri Gagarin, 12 April 1961

Pada tanggal 12 April 1961, Gagarin merupakan manusia pertama yang terbang selama 108 menit ke luar angkasa dengan pesawat roket Vostok 1. Ia menerima banyak penghargaan dan medali kehormatan, termasuk medali “Hero of the Soviet Union”. Yuri Gagarin kemudian menjadi Deputi Direktur Pelatihan di Pusat Pelatihan Kosmonaut di luar kota Moskow. Untuk menghormati jasanya, tempat pelatihan ini kemudian dinamakan dengan namanya.

Vostok 1 diluncurkan oleh program luar angkasa Uni Soviet, dan dirancang oleh insinyur Soviet Sergei Korolev di bawah pengawasan militer Kerim Kerimov dan lain-lain.

baca juga : 11 April 1919 : Organisasi Buruh Internasional Didirikan

Kapsul Vostok 1 dirancang untuk membawa satu orang kosmonaut. Yuri Gagarin, 27 tahun, terpilih sebagai pilot utama Vostok 1 dengan Gherman Titov dan Gregori Nelyubov sebagai cadangan. Penugasan dibuat secara formal pada 8 April, empat hari sebelum misi, tetapi Gagarin telah menjadi favorit di antara kandidat kosmonaut lainnya selama beberapa bulan.

Keputusan akhir kosmonaut yang akan terbang sangat bergantung pada opini kepala pelatihan kosmonaut, Nikolai Kamanin. Pada 5 April, Kamanin menuliskan bahwa ia belum dapat memutuskan antara Gagarin dan Titov. “Satu-satunya hal yang membuat saya tidak memilih [Titov] adalah kebutuhan untuk memiliki orang yang lebih kuat untuk penerbangan satu hari. Kamanin merujuk pada misi kedua, Vostok 2, yang lebih panjang dibanding Vostok 1. Saat Gagrin dan Titov diberi tahu tentang keputusan dalam sebuah pertemuan di 9 April, Gagarin sangat senang dan Titov kecewa. (sumber wikipedia)