oleh

16 Februari 1942 : Tentara Jepang Berhasil Menguasai Palembang

koranmakassarnews.com — Pada tanggal 13 Februari 1942 pagi hari, tentara Jepang menyerang Kota Palembang, persiapan dilaksanakan dari pangkalan militer perang Jepang di Malaysia dengan kekuatan udara Jepang bersiap menyerang Palembang yang saat itu masih diduduki oleh Belanda.

Kekuatan Angkatan Laut Jepang juga ikut bergerak menuju Palembang. Alasan utama Jepang mengambil Palembang dari tangan Belanda adalah embargo minyak yang diberlakukan Amerika terhadap Jepang.

Tidak ada jalan lagi kecuali mengambil alih kekuasaan Belanda di Palembang, karena Palembang merupakan basis minyak bagi pemerintahan Belanda di Indonesia saat itu, bahkan minyak yang di ambil Belanda dari Palembang juga dijual ke negara-negara eropa termasuk Amerika.

Akhirnya Jepang dapat menguasai Sungai Grong dan Plaju, inilah awal cerita penderitaan warga Sumatera Selatan (Sumsel) akan kekejaman penjajahan Jepang. Peristiwa ini memang tidak pernah di ekspos oleh media, entah mengapa mungkin karena tidak begitu penting. tapi dalam catatan sejarah Perang Asia Pasific peristiwa penyerangan terhadap Palembang ini adalah peristiwa yang sangat penting karena Rencana penyerangan langsung atas Perintah Kaisar Jepang.

baca juga : 15 Februari 1958 : Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia Dideklarasikan

Salah satu daerah di Sumatra yang sangat berarti bagi Jepang adalah Palembang. Dengan dikuasainya Palembang maka gerak mundur pasukan Sekutu di Sumatra ke Jawa dapat ditutup dan kemungkinan masuknya bantuan untuk Sekutu dari daerah Jawa dapat dicegah.

Penyerbuan tentara militer Jepang ke Palembang dimulai tanggal 12 Februari 1942 dan berhasil dikuasai tanggal 16 Februari 1942.

Jepang berhasil memulihkan produksi di kedua kilang minyak utama, dan produk-produk minyak ini sangat penting dalam upaya perang mereka. Meskipun ada serangan udara Sekutu, produksi sebagian besar dipertahankan. (dari berbagai sumber)