oleh

19 Maret 1787 : Galaksi NGC 3432 ditemukan oleh William Herschel.

koranmakassarnews.com — Galaksi adalah sebuah sistem masif yang terikat gaya gravitasi yang terdiri atas bintang (dengan segala bentuk manifestasinya, antara lain bintang neutron dan lubang hitam), gas dan debu medium antarbintang, dan materi gelap–komponen yang penting namun belum begitu dimengerti. Kata galaksi berasal dari bahasa Yunani galaxias (γαλαξίας), yang berarti “seperti susu,” yang merujuk pada galaksi Bima Sakti (bahasa Inggris: Milky Way).

Ketika William Herschel menyusun “katalog nebula” miliknya pada tahun 1786, dia menggunakan istilah “nebula spiral” untuk objek-objek tertentu seperti objek M31. Di kemudian waktu akan disadari bahwa objek tersebut sebenarnya merupakan kumpulan dari banyak bintang, dan dipakailah istilah “island universe” (“alam semesta pulau”) untuk merujuk pada objek yang demikian. Namun, kemudian disadari bahwa kata “universe” (alam semesta) berarti keseluruhan jagad raya, sehingga istilah ini tidak dipakai lagi dan objek yang demikian kemudian dikenal sebagai galaksi

baca juga : 18 Maret 1942 : Kepala Bala Tentara Jepang Mengangkat Pangeran Musa Ardi Kesuma Sebagai Gubernur Kalimantan Selatan

NGC 3432 adalah galaksi spiral yang dapat ditemukan di rasi bintang Leo Minor. NGC 3432 ditemukan oleh William Herschel pada tanggal 19 Maret 1787.

Sir Frederick William Herschel (15 November 1738 – 25 Agustus 1822) adalah seorang astronom dan komponis kelahiran Jerman-Inggris yang terkenal karena menemukan planet Uranus. Ia juga menemukan radiasi inframerah dan melakukan penemuan lainnya dalam bidang astronomi. (sumber wikipedia)