oleh

8 September 1965 : Hari Literasi Internasional Mulai Dicetuskan Pertama Kali

koranmakassarnews.com — Sejumlah peristiwa penting terjadi pada 8 September. Peristiwa tersebut kemudian tercatat menjadi bagian dari sejarah dunia. Salah satunya adalah lahirnya Hari Literasi Internasional atau Hari Aksara Internasional.

Merangkum berbagai sumber, ide awal tercetusnya peringatan Hari Aksara Internasional muncul sejak diadakannya konferensi tentang Pemberantasan Buta Huruf di Teheran Iran, tepatnya pada 8 -19 September 1965.

Konferensi tersebut dilakukan untuk mewujudkan komitmen dan mengajak seluruh masyarakat untuk peduli terhadap penuntasan buta aksara. Saat itu juga, Pemerintah Iran mengusulkan pada The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) memberikan hadiah literasi internasional bagi mereka yang berjasa dalam perjuangan melawan buta huruf.

Gayung bersambut, The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) pada sesi ke-14 konferensi umum tepatnya pada 26 Oktober 1966, akhirnya menetapkan bahwa setiap tanggal 8 September diperingati sebagai Hari Aksara Internasional.

baca juga : 7 September 1940 : Presiden RI Ke 4, Abdurrahman Wahid Lahir

Tujuan peringatan ini untuk mengingatkan masyarakat internasional akan pentingnya melek aksara bagi individu, komunitas, dan masyarakat. Serta mengingatkan perlu adanya upaya yang intensif dalam pemberantasan buta huruf.

Hari Aksara Internasional diperingati untuk pertama kalinya pada 1967. Hingga kini, masyarakat internasional rutin memperingatinya. (dari berbagai sumber)