oleh

Banyak Sopir Keluhkan Dugaan Pungli di Pos Penjagaan Lalulintas Polres Luwu

LUWU, koranmakassarnews.com — Dugaan praktek Pungutan Liar (Pungli) yang kerap terjadi di Pos Penjagaan lalulintas Polres Luwu sehingga membuat sejumlah sopir mobil mengeluh, pasalnya, pos tersebut yang berada dekat lampu merah, yang tidak jauh dari Kantor Polres Luwu, pihak oknum polisi sering kali menindak para sopir yang dinilai melanggar UU Tentang LLAJ.

Dugaan tersebut terungkap saat para supir menyampaikan ke awak media, Rabu, 15 Desember 2021. Sopir yang enggan disebut namanya, sering melintas diwilayah hukum Polres Luwu merasa mengeluh dengan ulah oknum Polisi Satlantas Polres Luwu, yang mana menurutnya tebang pilih saat penerapan aturan lalu lintas.

“Saya Lihat ini anggota Polisi Sat Lantas Polres Luwu pilih kasih dalam menindak para pelanggar Lalulintas, buktinya saya lihat banyak yang lolos dengan muatan yang sama, kenapa hanya saya yang didapat malah ditahan dan di kandangkan mobilku,” ungkap sopir tersebut.

Lebih lanjut, pihak sopir mobil lainnya pun mengakui bila dirinya sempat menanyakan ke oknum Polisi terkait penahanan mobil itu.

“Lewat Posja nakudapatki itu mobil patroli dua orangki disitu, saya tanya kenapa ada anggota ditahan begitu komandan, nabilang ee jalan mako dari pada mauko di kandangkan juga, terpaksa kugasskan,” kata sopir yang sempat menanyakan hal itu menirukan ucapan oknum Polisi.

Bukan hanya itu saja, sopir lainnya pun turut berkomentar terkait kejadian ini, bahkan ia menuturkan bila dirinya terpaksa memberikan ke oknum Polisi uang sebanyak Rp. 30.000,- agar dirinya bisa lolos.

“Curiga bagaimana seng Om, nah saya 30 ribu ji saya kasi karena dua orang jaga saya lihat, seandainya 1 orangji ka 20 ribu ji,” tutur sopir yang memberikan dana.

Ditempat terpisah, Kasat Lantas Polres Luwu, AKP Muh. Ali saat dikonfirmasi melalui whatsaap, Minggu (19/12/21) mengatakan, akan menindak lanjuti oknum anggota polisi yang melakukan dugaan pungli terhadap para sopir mobil.

baca juga : Gelar Pasukan Operasi Zebra 2021, Kapolres Gowa : Jangan Lakukan Pungli

“Siap saudaraku….insya Allah kami tidak akan tebang pilih saudaraku….dan akan kita proses bila ada anggota yang mau main-main dijalan saudaraku. Demi keselamatan dijalan……..kami dari Sat Lantas Polres Luwu berkomitmen untuk menindak dan membenahi kendaraan-kendaraan yang over muatan saudaraku…bila ada anggota lantas yang mau main2-main kita akan proses saudaraku, insya Allah saya akan selalu koordinasi dengan Kasi Propam Polres saudaraku”, tulis Muh. Ali dalam chatnya ke awak media.

Berkaitan hal tersebut, jika dugaan pungli benar adanya di Pos Penjagaan Satuan Lalulintas Polres Luwu, diharapkan Dirlantas Polda Sulsel segera melakukan penyelidikan internal Polri, karena hal tersebut tidak bisa dibiarkan karena akan mencoreng nama baik Institusi Polri sendiri. (WISNU)