oleh

Buka Diklatsarmil Komcad, Pangdam Hasanuddin Berpesan Penanaman Nilai-Nilai Kesadaran Bela Negara untuk Hadapi Ancaman

“Kunci kekuatan Indonesia dalam menghadapi masuknya berbagai potensi ancaman adalah dengan memperkuat identitas dan jati diri bangsa serta membangun persatuan dan kesatuan yang kokoh dari seluruh komponen bangsa,” jelasnya.

“Untuk itu, Komponen Cadangan sebagai subsistem pertahanan negara yang harus dipersiapkan sejak dini sehingga pada saat diperlukan mampu memperbesar dan memperkuat komponen utama dan dalam prosesnya harus didasarkan pada kebutuhan dan kemampuan kekuatan pertahanan negara Indonesia dengan memadukan antara kekuatan pertahanan militer dan nirmiliter.

Komponen cadangan bersifat sukarela (voluntary) dengan rekrutmen melalui pendaftaran/ aplikasi. Sumber perekrutan berasal dari ASN Kemhan/TNI/Pemda/Instansi lain, perguruan tinggi negeri/swasta, pegawai BUMN/BUMS/swasta, maupun warga negara lain (umum),” tambahnya.

“Pembukaan Latsarmil Komponen Cadangan ini akan menjadi penanda dimulainya pelatihan serta pemberian materi tentang dasar-dasar kemiliteran. Kalian harus bangga karena menjadi seorang Komponen Cadangan tidaklah mudah. Kalian adalah orang-orang terpilih yang telah seleksi. Untuk itu, serap dan ikuti dengan sebaik-baiknya materi yang diberikan para pelatih. Kurikulum Latsarmil Komponen Cadangan terdiri atas : bidang Sikap dan Perilaku, bidang Pengetahuan dan Keterampilan serta bidang Jasmani,” tandasnya.