oleh

Bupati Pinrang Pimpin Apel Operasi Ketupat 2022

PINRANG, koranmakassarnews.com – Dalam Rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1443 H / 2022 M, Kepolisian Resosr Pinrang (Polres Pinrang) menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Tahun 2022 bertempat di Halaman Mapolres Pinrang. Jumat (22/4/2022)

Apel Gelar Pasukan dipimpin oleh Bupati Pinrang H. Andi Irwan Hamid, S. Sos diikuti oleh Kapolres Pinrang AKBP Moh.Roni Mustofa, S.I.K, M.I.K, Kepala Kejaksaan Negeri Pinrang Agus Khairuddin, SH. MH serta Kepala Pengadilan Negeri Pinrang Teguh Arifiano, SH. Turut hadir Pula Para Pejabat Utama Polres Pinrang, Kasat, Kapolsek Jajaran, Kepala Dinas Instansi terkait dan Peserta Apel Gabungan dari Polres Pinrang dan Polsek Jajaran, Kodim 1404/Pinrang, Dinas Perhubungan Kab. Pinrang, Sat Pol PP Kab. Pinrang, Pemadam Kebakaran Kab. Pinrang, Senkom dan Rapi (Radio Penyiaran).

Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2022 kali ini mengangkat tema “Wujud Sinergi Polri Dengan Instansi Terkait Untuk Menjamin Masyarakat Aman dan Sehat Dalam Perayaan Idul Fitri 1443 Hijriah”.

Dalam amanat Kapolri Jendral Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo, M. Si yang dibacakan oleh Bupati Pinrang mengungkapkan, tahun ini, Pemerintah memberikan kelonggaran kepada masyarakat untuk berkumpul bersama keluarga atau mudik.

Kebijakan ini juga termasuk tidak melakukan penyekatan bagi para pelaku perjalanan mudik sehingga hal ini ditanggapi dengan euphoria oleh masyarakat.

“Kelonggaran-kelonggaran yang diberikan oleh pemerintah agar masyarakat dapat merayakan Idul Fitri bersama keluarga harus kita sikapi dengan tetap menjaga agar penyebaran Covid-19 tidak mengalami peningkatan” ungkap kapolri dalam amanatnya

Lebih lanjut Kapolri mengungkapkan, sesuai dengan prediksi, tahun ini diperkirakan 85.5 juta masyarakat akan melakukan mobilitas melalui berbagai moda transportasi.

baca juga : Kapolres Pinrang Tinjau Gelaran Sejuta Vaksin Bersama Kemenag

Mobilitas masyarakat ini, lanjutnya di dominasi mobilitas jalur darat dengan menggunakan kendaraan pribadi sebanyak 47%, kendaraan umum 31%, Kereta Api 10%, jalur udara 10%, Jalur laut 2% dan lainnya 0.11%.

“Operasi “Ketupat 2022” harus dilaksanakan secara optimal. Perjalanan mudik maupun balik berjalan lancar, aman dan sehat. Kejahatan dan gangguan kamtibmas sekecil apapun harus kita cegah dan antisipasi.”

“Ketika operasi ini berhasil, masyarakat dapat melaksanakan aktivitas ibadah Idul Fitri 1443 H/tahun 2022 dengan aman dan sehat, baik dari gangguan kamtibmas maupun dari bahaya Covid-19.”

“Untuk itu, laksanakan operasi ini dengan penuh rasa tanggung jawab dengan dukungan penuh masyarakat.” Ucap Kapolri pada amanat yang dibacakan.