oleh

Dirjen Bangda Kemendagri Minta Pemda Dukung Program Pendidikan GPAI

Teguh Setyabudi menegaskan bahwa kita perlu berinstrospeksi dan menata diri kembali menuju 100 tahun Indonesia Merdeka. Indonesia Emas 2045 perlu dipersiapkan dengan segala potensi yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.

Salah satu potensi yang dimiliki oleh bangsa Indonesia menurut Teguh yaitu Indonesia memiliki bonus demografi pada tahun 2021-2035.

Struktur penduduk Indonesia berada pada struktur penduduk usia muda yang didominasi oleh penduduk usia produktif (usia 15-64 tahun) yang merupakan potensi untuk membangun peradaban bangsa Indonesia.

Menurutnya, membangun peradaban bangsa berarti membangun sumberdaya manusia dan membangun sistem pendidikan yang berkualitas.

Selain itu, Teguh juga menyampaikan bahwa penguatan modalitas sumberdaya manusia saat ini perlu dilakukan kepada anak-anak bangsa Indonesia untuk menghadapi Indonesia Emas 2045, yakni menyempurnakan modalitas kecerdasan sumberdaya manusia berupa :

(1). Kecerdasan yang bersumber dari potensi manusia,

(2). Kecerdasan yang bersumber dari potensi teknologi, dan

(3). Kecerdasan yang bersumber dari nilai-nilai ke Indonesiaan.

Teguh menganggap bahwa 3 (tiga) modal dasar yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia itu perlu dikelola dengan seksama agar dapat menjadi kekuatan pembangunan yang dapat diberdayakan untuk mensejahterakan masyarakat Indonesia. (*)