oleh

dr Michael Reo : Pentingnya Sinergi Nutrisi dalam Menjaga Imunitas Tubuh Pasca Vaksinasi

“Dalam hal ini, keutuhan kulit sangat penting untuk mencegah mikroorganisme seperti bakteri, virus, parasit, dan jamur yang masuk ke dalam tubuh melalui kulit. Oleh karena itu menjaga keutuhan kulit sebagai organ terbesar pada manusia adalah sangat penting,” imbuhnya.

Salah satunya peran vitamin dan mineral seperti vitamin C, D, Zinc, serta vitamin E dalam menjaga kekebalan tubuh.

Lalu, bagaimana dengan peran kesehatan kulit sebagai salah satu elemen dari Innate Immunity? Kulit Anda adalah pencerminan dari apa yang terjadi di dalam tubuh Anda. Berbagai kondisi kulit seperti timbulnya jerawat dan kulit yang kusam merupakan manifestasi dari apa yang sebenernya dibutuhkan oleh tubuh, termasuk berbagai nutrisinya.

baca juga : Vaksin Booster bagi Tenaga Kesehatan, Menkes Budi : Akan Dimulai Secepat-cepatnya

Di sinilah vitamin E memegang peranan penting dalam sinergi nutrisi untuk sistem kekebalan tubuh yang optimal.

kulit akan berkurang setiap hari karena terpapar oleh radikal bebas. Konsumsi vitamin E secara konsisten sangat membantu menjaga keutuhan kulit untuk mencegah masuknya virus dan bakteri ke dalam tubuh serta mengaktifkan sistem kekebalan tubuh (di antara nya mengaktifkan sistem antibodi).

Dosis yang direkomendasi oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia untuk konsumsi Vitamin E per-hari adalah 100 IU-400 IU dan aman untuk penggunaan jangka panjang jika dikonsumsi sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

‘’Penyerapan asupan Vitamin E alami ini akan lebih nyaman dan efektif ketika dikonsumsi dalam bentuk kapsul lunak atau sering disebut soft capsule. Kapsul lunak yang sudah terbukti aman dan efektif adalah yang mengandung gelatin yang berasal dari tulang rawan sapi. Di Indonesia, gelatin sangat direkomendasikan oleh BPOM untuk sebagai bahan pembuat kapsul atau kapsul lunak,” kuncinya. (**)